ANALISIS BIBLIOMETRIK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

PUTRI, FARADINA (2023) ANALISIS BIBLIOMETRIK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2 PUTRI.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam implementasinya, berpikir kritis membutuhkan proses pembelajaran yang aktif. Maka diperlukan strategi-strategi pembelajaran seperti model, media, dan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa karena berpikir kritis merupakan topik yang penting dan vital dalam era pendidikan modern. Sudah banyak penelitian terkait keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran fisika pada jenjang SD, SMP, dan SMA namun review terkait tinjauan literatur bibliometrik masih jarang dibahas. Maka, analisis bibliometrik keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran fisika merupakan tajuk utama dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan bibliometrik. Populasi yang digunakan sebanyak 200 artikel yang bersumber dari database Scopus dengan bantuan aplikasi Publish or Perish (PoP) dan 66 artikel sebagai sampelnya. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis bibliometrik dengan lima tahapan sebagai langkah-langkahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan artikel terkait keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran fisika di SMA dengan periode tahun 2015-2023 per Mei, menyajikan tinjauan literatur bibliometrik dengan melihat keterkaitan jaringan kata kunci, menemukan rekomendasi peluang trend penelitian dimasa mendatang dengan menggunakan visualisasi dari perangkat lunak VOSviewer dan mengkaji terkait pembelajaran fisika seperti model, media, dan materi yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan penelitian sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian, perkembangan artikel dengan kata kunci “critical thinking skills in physics learning” tidak mengalami kenaikan publikasi yang signifikan pada awal tahun. Bahkan pada tahun 2015 dan 2023 tidak ada artikel yang terbit. Visualisasi pemetaan kata kunci yang di petakan diperoleh 4 cluster dan 74 item dengan 4 node yang ukurannya paling besar dan mewakili setiap cluster. Kata kunci yang sering muncul adalah critical thinking skills, physics learning, student, research, physics, test dan model. Rekomendasi peluang penelitian dimasa mendatang yang relevan dengan kata kunci ialah item engineering, STEM, essay question, e�module, book, 4d model, PhET simulation, android, science, learning model, scientific approach, technology dan instrument. Analisis tema pembelajaran yang banyak digunakan oleh penulis untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa Seperti multiple representasi, bahan ajar, teknologi, STEM dan SETS, ethnoscience dan Scaffolding. Kata Kunci : Analisis Bibliometrik, Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran Fisika ABSTRACT In its implementation, critical thinking requires an active learning process. So learning strategies are needed such as models, media, and learning methods that can improve students' critical thinking skills because critical thinking is an important and vital topic in the era of modern education. There have been many studies related to critical thinking skills in learning physics at the elementary, junior high and high school levels, but reviews related to bibliometric literature are still rarely discussed. Thus, bibliometric analysis of critical thinking skills in physics learning is the main topic of this research. This study used a descriptive research method with a bibliometric approach. The population used was 200 articles sourced from the Scopus database with the help of the Publish or Perish (PoP) application and 66 articles as the sample. Data collection techniques in the form of documentation. The analysis technique used is bibliometric analysis with five stages as steps. The purpose of this study is to find out the development of articles related to critical thinking skills in physics learning in high school for the period 2015-2023, present a bibliometric literature review by looking at the linkages of keyword networks, find recommendations for future research trend opportunities using visualization from the VOSviewer software and examines related to physics learning such as models, media, and materials used to improve students' critical thinking skills based on previous research. Based on the research results, the development of articles with the keyword "critical thinking skills in physics learning" did not experience a significant increase in publications at the beginning of the year. Even in 2015 and 2023 no articles were published. Keyword mapping visualization that was mapped obtained 4 clusters and 74 items with 4 nodes that are the largest in size and represent each cluster. Keywords that often appear are critical thinking skills, physics learning, student, research, physics, tests and models. Research trends that are relevant to the keywords are engineering items, STEM, essay questions, e-modules, books, 4d models, PhET simulations, android, science, learning models, scientific approaches, technology and instruments. Analysis of learning themes that are widely used by writers to improve students' critical thinking skills such as multiple representation, teaching materials, technology, STEM and SETS, ethnoscience and scaffolding. Keywords: Bibliometric Analysis, Critical Thinking Skills, Physics Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2023 08:01
Last Modified: 23 Jun 2023 08:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28716

Actions (login required)

View Item View Item