PERAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN ANTARA PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Pelanggan CV. Indra Abadi Perkasa di Kota Bandar Lampung)

AGUNG, BAYU SETIAWAN (2023) PERAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN ANTARA PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Pelanggan CV. Indra Abadi Perkasa di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor penting dalam dunia bisnis maupun non bisnis dimana baik buruknya kinerja suatu perusahaan dapat diukur dari kualitas barang dan jasa yang dihasilkan. Banyak pelaku bisnis yang memperhatikan kualitas pelanyanan mereka guna meniciptakan loyalitas pelanggan. dan Kepuasan pelanggan merupakan cara yang paling efektif untuk mengevaluasi dan memberikan inovasi terhadap langkah strategis yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis guna dalam mempertahankan pelanggannya.tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada pelanggan CV. Indra Abadi Perkasa dengan Kepuasan Pelanggan sebagai variable mediasi Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengunukan koesioner yang mengunukan skala likert.Berdasarkan penelitian ini karena jumlah poplasinya tidak lebih besar dari 100 orang responden, maka penulis mengambil 100% jumlah populasi yaitu sebanyak 45 pelanggan.Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data primer. Populasi penelitian ini adalah pelanggan CV. Indra Abadi Perkasa di Bandar Lampung. Metode analisis data yang digunakan adalah pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil uji T test menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan dengan menggunakan causal step hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan memediasi hubungan antara pengaruh kualitas pelanyanan terhadap loyalitas pelanggan secara full mediation. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan ABSTRACT Service quality is an important factor in the business and non�business world where the good and bad performance of a company can be measured by the quality of the goods and services it produces. Many business people pay attention to the quality of their service in order to create customer loyalty. and Customer satisfaction is the most effective way to evaluate and provide innovation on strategic steps that can be taken by business people in order to retain their customers. The purpose of this research is to determine the effect of service quality on customer loyalty to customers. CV Indra Abadi Perkasa with Customer Satisfaction as a mediating variable in the Perspective of Islamic Business Ethics. The data collection technique used in this study was to use a questionnaire using a Likert scale. Based on this research, because the population is not greater than 100 respondents, the authors took 100% of the population, namely as many as 45 customers. The research approach was quantitative research with the data source used is primary data. The population of this research is the customers of CV. Indra Abadi Perkasa in Bandar Lampung. The data analysis method used is the Partial Least Square (PLS) approach. The results of the T test show that service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction, service quality has a positive and significant effect on customer loyalty, and by using the causal step the results show that customer satisfaction mediates the relationship between the effect of service quality on customer loyalty as a wholefull mediation. Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction, Customer Loyalty.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jun 2023 07:52
Last Modified: 19 Jun 2023 07:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28649

Actions (login required)

View Item View Item