EFEKTIVITAS STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SMP N 22 BANDAR LAMPUNG

Ulum, Miftahul (2018) EFEKTIVITAS STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SMP N 22 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat efektivitas hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik menggunakan strategi REACT (Relating, Eksperiencing, Applying, Cooperating, Transfering). Penelitian dilakukan di SMP N 22 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes berupa uraian untuk hasil belajar dan non tes berupa lembar observasi untuk keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil penelitian yang dihitung dengan uji independent sampel t test dari hasil postest kelas kontrol sebesar 63,36 dan kelas eksperimen sebesar 82,29 memperoleh thitung > ttabel (4,900>2,001) dan persentase lembar observasi rata-rata kelas kontrol sebesar 76 dan kelas eksperimen sebesar 73 memperoleh nilai thitung yang lebih besar dari ttabel (2,979 >2,001). Kemudian keefektifan strategi REACT diketahui dengan uji effect size yaitu memperoleh nilai d = 0,3 kemudian hasil ini di interpretasikan dengan menggunakan tabel effect size diperoleh bahwa strategi REACT ini mempengaruhi hasil belajar peserta didik sebanyak 62%. Jadi dapat disimpulkan bahwa H1 diterima, artinya terdapat pengaruh hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran REACT dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : REACT, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Faisal Hamid Azly
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:10
Last Modified: 08 Jan 2018 06:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2864

Actions (login required)

View Item View Item