PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK

Rahman, Fathur (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK Oleh Fathur Rahman Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan pegembangan multimedia interaktif berbasis Adobe Flash dalam pembelajaran fisika pada materi Alat-alat Optik di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2) mengetahui respon peserta didik terhadap multimedia interaktif berbasis Adobe Flash pada materi Alat-alat Optik di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model ASSURE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dan persentase. Hasil penelitian ini adalah diketahuinya kelayakan menurut para ahli media dan materi dan respon peserta didik dari pengembangan pegembangan multimedia interaktif berbasis Adobe Flash dalam pembelajaran fisika pada materi alat-alat optik, diantaranya hasil validasi materi mencakup 4 aspek kelayakan yaitu Aspek Kelayakan Isi, Aspek Kelayakan Penyajian, Aspek Kelayakan Bahasa, dan Aspek Penilaian Konstekstual yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh persentase rata-rata sebesar 87% dari 3 orang ahli dengan katagori “Sangat Baik”. Hasil Validasi Ahli Materi pada Aspek Kelayakan Isi memperoleh persentase rata-rata sebesar 86% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil Validasi Ahli Materi pada Aspek Kelayakan Penyajian memperoleh persentase rata-rata sebesar 87% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil Validasi Ahli Materi pada Aspek Kelayakan Bahasa memperoleh persentase rata-rata sebesar 87% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil Validasi Ahli Materi pada Aspek Kelayakan Kontekstual memperoleh persentase rata-rata sebesar 87% dengan kategori “Sangat Baik”. Pada validasi media/IT meliputi aspek Artistik dan Estetika, Kemudahan Navigasi, dan Fungsi Keseluruhan yang dilakukan oleh 3 ahli media/IT memperoleh persentase rata-rata 78% dengan katagori “Baik”. Hasil Validasi Ahli Media/IT Aspek Artistik dan Estetika memperoleh persentase rata-rata sebesar 70% dengan kategori “Baik”. Hasil Validasi Ahli Media/IT Aspek Kemudahan Navigasi memperoleh persentase rata-rata sebesar 81% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil Validasi Ahli Media/IT Aspek Fungsi Keseluruhan memperoleh persentase rata-rata sebesar 82% dengan kategori “Sangat Baik”. Respon peserta didik terhadap multimedia interaktif berbasis Adobe Flash pada materi alat-alat optik yang dikembangkan tergolong baik. Hal ini dikarenakan pada uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan 85% dan 88% peserta didik memberikan respon positif terhadap multimedia interaktif. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Adobe Flash, Alat-alat Optik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: PERPUSTAKAAN PUSAT UIN RIL
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:17
Last Modified: 08 Jan 2018 06:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2853

Actions (login required)

View Item View Item