MANAJEMEN STRATEGIS DALAM PENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG

RACHMAT, HIDAYAT (2023) MANAJEMEN STRATEGIS DALAM PENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RACHMATHIDAYAT.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen strategi dalam manajemen madrasah adalah suatu pendekatan yang sistematik dalam menyelanggarankan programnya untuk mencapai tujuan madrasah melalui manjemen strategi, diharapkan kepala madrasah mampu merumuskan dan menentukan strategi madrasah dengan tepat sehingga madrasah mampu mempertahankan eksitensinya dalam menyesuaiakan serta melakukan perubahan yang diperlukan untuk mencapai efektifitas dan produktifitas madrasah. Mutu pendidikan adalah suatu kualitas yang menggambarkan sekolah yang bermutu yang memiliki standar kualitas yang tinggi dan selain itu belum maksimalnya program-program madrasah yang belum terlaksana dengan baik menjadi pengatar perlu diadakan sebuah formulasi strategi. Maka penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen strategi dalam peningkatan mutu pendidikan di MAN 2 Bandar Lampung yang terdiri dari Perencanaan, implementasi dan evaluasi strategi dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. keabsahan data di uji dengan triangulasi sumber. sumber data penelitian: kepala madrasah, dan wakil kepala kurikulum madrasah. analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukanbahwa dalam tahap perencanaan strategi sudah terlaksana mulai dari merumuskan visi misi, mengidentifikasi tujuan, menentukan sasaran, serta membuat rencana kerja yang dimana dalam tahap tersebut sudah dilaksanakan analisis SWOT serta menggunakan 8 standar. dalam proses implementasi strategi sudah terlaksana dengan penerapan program, anggaran dan prosedurnya, walaupun dalam penerapannya kendala itu ada dimana dalam penerapan program belum terlaksana secara maksimal dikarnakan mentri keuangan belum memaksimalkan program tersebut. kepala madrasah melakukan evaluasi setiap akhir program kerja, dengan melakukan perbandingan antara hasil aktual dengan hasil yang sudah ada. setelah itu dilakukan kroscek dari target perencanaan yang sudah disepekati oleh tim manajemen, apakah sudah terlaksana atau belum jika ada kekurangan maka akan di rencanakan serta di terapkan di rencana kerja 4 tahun berikutnya. Hanya saja antara pihak madrasah dengan pemerintah pusat tepatnya mentri keuangan harus ada komunikasi yang baik dengan memperhatikan kekurangan-kekurangan yang ada agar proses penerapan prosedur lebih terlaksana secara baik dan maksimal. sehingga dalam proses tahap peningkatan mutu pendidikan di MAN 2 Bandar Lampung sudah terlaksana dengan baik. kata kunci : Manajemen Strategi, Mutu Pendidikan v ABSTRAK Strategic management in madrasah management is a systematic approach in organizing its programs to achieve madrasah goals through strategic management, it is hoped that the madrasah head will be able to formulate and determine the madrasah strategy appropriately so that madrasas are able to maintain their existence in adjusting and making the necessary changes to achieve madrasah effectiveness and productivity . The quality of education is a quality that describes a quality school that has high quality standards and besides that the madrasah programs are not yet optimal, which have not been implemented properly as a guide to the need to hold a strategy formulation. So the research aims to describe strategic management in improving the quality of education at MAN 2 Bandar Lampung which consists of planning, implementing and evaluating strategies in improving the quality of education. This research is a qualitative research that uses a qualitative descriptive approach. As for data collection techniques carried out through interviews, observation and documentation. the validity of the data was tested by triangulation of sources. research data sources: head of madrasah, and deputy head of madrasah curriculum. data analysis using data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the research show that the strategic planning stage has been carried out starting from formulating the vision and mission, identifying goals, setting targets, and making work plans which in this stage have carried out a SWOT analysis and used 8 standards. in the process of implementing the strategy it has been implemented with the implementation of programs, budgets and procedures, although in practice there are obstacles where the implementation of the program has not been implemented optimally because the finance minister has not maximized the program. the head of the madrasa conducts an evaluation at the end of each work program, by making comparisons between actual results and existing results. after that a cross-check is carried out from the planning targets that have been agreed upon by the management team, whether they have been implemented or not if there are deficiencies, they will be planned and implemented in the work plan for the next 4 years. It's just that between the madrasah and the central government, to be precise the minister of finance, there must be good communication by paying attention to existing deficiencies so that the process of implementing procedures is carried out more properly and optimally. so that in the process of improving the quality of education at MAN 2 Bandar Lampung it has been carried out properly. Keywords: Strategic Management, Quality Of Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:37
Last Modified: 08 Jun 2023 04:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28513

Actions (login required)

View Item View Item