PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN KLINIK KECANTIKKAN DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Klinik Kecantikkan Di Kota Bandar Lampung)

DEWI, PUJI LESTARI (2023) PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN KLINIK KECANTIKKAN DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Klinik Kecantikkan Di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEWI PUJI LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena munculnya ketidakpuasan konsumen yang ditunjukkan dengan terdapatnya keluhan konsumen yang merupakan efek dari ketidakpuasan mereka setelah melakukan perawatan di Klinik Kecantikkan. Dengan melihat permasalahan yang ada, maka penelitian ini diarahkan untuk menganalisis mengenai bagaimana meningkatkan preferensi konsumen klinik-klinik kecantikkan di Kota Bandar Lampung dengan didukung peningkatan ketersediaan fasilitas, kualitas produk, kualitas pelayanan. Penelitian ini bermaksud menganalisa hubungan antara ketersediaan fasilitas, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen untuk meningkatkan preferensi konsumen, sebagai objek penelitian adalah konsumen klinik kecantikkan di Kota Bandar Lampung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ketersediaan fasilitas, kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dan kepuasan konsumen berpengaruh terhadap preferensi konsumen klinik kecantikan secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada konsumen klinik kecantikkan di Kota Bandar Lampung, dengan sampel penelitian berjumlah 96 responden dan menggunakan teknik non-probability sampling yaitu Purposive Sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner. Selanjutnya untuk menganalisis, peneliti menggunakan skala likert dengan metode analisis SmartPLS. Hasil penelitian ini setelah diuji menyatakan bahwa ketersediaan fasilitas tidak memiliki pengaruh terhadap preferensi konsumen. kemudian kualitas produk dan kualitas pelayanan sama�sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi konsumen. Dalam perspektif Bisnis Islam, secara umum ketersediaan fasilitas, kualitas produk dan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh Klinik-klinik Kecantikkan Di Kota Bandar Lampung sudah sesuai dengan syariat Islam berdasarkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Kata Kunci: Ketersediaan Fasilitas, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Preferensi Konsumen. ABSTRACT This research is motivated by the phenomenon of the emergence of consumer dissatisfaction as indicated by the presence of consumer complaints which are the effect of their dissatisfaction after undergoing treatment at the Beauty Clinic. By looking at the existing problems, this research is directed to analyze how to increase consumer preferences of beauty clinics in Bandar Lampung City supported by increased availability of facilities, product quality, service quality. This study intends to analyze the relationship between the availability of facilities, product quality and service quality on customer satisfaction to increase consumer preferences, as the research object is beauty clinic consumers in Bandar Lampung City. The purpose of this study was to find out whether the availability of facilities, product quality and service quality have an effect on customer satisfaction and customer satisfaction have an effect on consumer preferences of beauty clinics partially and simultaneously. This study uses a quantitative approach. The research was conducted on beauty clinic consumers in Bandar Lampung City, with a sample of 96 respondents and using a non-probability sampling technique, namely Purposive Sampling. Data collection through questionnaires. Furthermore, to analyze, researchers used a Likert scale with the SmartPLS analysis method. The results of this study after being tested state that the availability of facilities has no effect on consumer preferences. then product quality and service quality both have a positive and significant influence on consumer preferences. From an Islamic business perspective, in general the availability of facilities, product quality and service quality performed by beauty clinics in Bandar Lampung city are in accordance with Islamic law based on the principles of Islamic business ethics. Keywords: Availability of Facilities, Product Quality, Service Quality, Consumer Preferences.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jun 2023 07:28
Last Modified: 06 Jun 2023 07:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28475

Actions (login required)

View Item View Item