NENZI, MAULIA SAPUTRI (2023) EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON-EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI OPTIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK EFEKTIFITAS MODEL KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON-EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA MATERI OPTIK OLEH NENZI MAULIA SAPUTRI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Model kooperatif Tipe Example Non-Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Dan Keterampilan Proses Sains (KPS) pada materi optik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas kebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil analisis menggunakan uji Man whitney menunjukkan nilai signifikan 2 taile = 0,00 dengan taraf signifikan 0,05hal tersebut menyatakan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000). Model pembelajaran Example Non Example lebih efektiv terhadap hasil belajar peserta didik. Sementara dari hasil presentase indicator KPS menunjukkan presentase kategori baik sehingga model Example Non Example efektif pada keterampilan proses sains peserta didik, keefetivan dapat dilihat dengan uji effect size. Hasil dari uji Effect size yaitu 1,41 sehingga termasuk dalam kategori tinggi (d = 1,41 > 0,8). Sehingga dapat simpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe Example Non-Example efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik. Kata Kunci :Pembelajaran Example Non Example, Hasil Belajar Keterampilan Proses Sains
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 07:44 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 07:44 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28445 |
Actions (login required)
View Item |