ANALISIS FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA KIRIM BARANG PADA JNE DAN J&T MENURUT PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Komparasi Pada JNE Dan J&T Cabang Sukarame Bandar Lampung)

ALI, NUR EFENDI (2023) ANALISIS FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA KIRIM BARANG PADA JNE DAN J&T MENURUT PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Komparasi Pada JNE Dan J&T Cabang Sukarame Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kemajuan zaman seperti saat ini, berdampak pada perkembangan bisnis, teknologi, dan transportasi di Indonesia sangat melesat maju, terutama pada bisnis e-commerce berkembang dengan cukup pesat terbukti pada 5 tahun terakhir kenaikannya mencapai 8,8% pertahun. Pada saat ini semakin banyak penyedia layanan atau platform untuk para e-commerce agar berbelanja secara online dapat lebih mudah dan praktis, sehingga dapat menghemat waktu, karena alasan menghemat waktu inilah banyak orang yang tertarik dengan sistem berbelanja secara online konsumen tidak perlu repot-repot datang ke toko untuk berbelanja. Semakin banyaknya permintaan pengiriman barang, semakin banyak pula para penyedia jasa logistik. Dalam kasus ini tentunya tidak hanya para penjual online (reseller) dan platform yang bersaing, para penyedia jasa logstik puntidak mau kalah. Mereka bersaing untuk menempatkan diri sebagai jasa layanan kirim barang terbaik di benak konsumen, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor penentu keputusan konsumen konsumen menggunakan jasa kirim. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang lebih menekankan aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, yaitu metode dimana proses pengambilan sampel yang membatasi jumlah sempel berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Data diperoleh peneliti dari wawancara dengan pihak terkait yaitu sejumlah masyarakat kecamatan sukarame yang pernah menggunkan jasa kirim JNE J&T. Observasi dan dokumentasi dilakukan dengan menganalisis informasi tentang faktor penentu konsumen menggunakan jasa kirim. Hasil penelitian ini adalah faktor penentu konsumen menggunakan jasa kirim adalah banyaknya cabang, pelayanan, kualitas produk, harga, persepsi, WOM dan iklan. Banyaknya cabang sangat mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan jasa kirim, kemudian pelayanan yang baik juga menentukan minat konsumen di dalam menggunakan jasa kirim, kesopanan karyawan, keramahan karyawan adalah hal yang diperhatikan oleh konsumen. Kualitas produk yang di tawarkan perusahaan JNE dan J&T juga andil di dalam faktor yang mempengaruhi konsumen menggunakan jasa kirim.. Kemudian harga yang tentunya juga berpengaruh signifikan di dalam faktor penentu konsumen menggunakan jasa kirim, hal Ini terlihat pada rata rata pengguna JNE menyatakan bahwa harga yang murah membuat mereka menggunakan jasa kirim tersebut. Lalu persepsi, persepsi yang baik di benak konsumen sangat berpengaruh di dalam keputusan konsumen, hal ini tidak terlepas dari kualitas layanan yang baik. Sedangkan untuk iklan berpengaruh tapi tidak signifikan di dalam faktor penentu konsumen menggunkan jasa kirim. Kata kunci : keputusan konsumen. Konsumen, faktor penentu keputusan konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:35
Last Modified: 05 Jun 2023 04:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28439

Actions (login required)

View Item View Item