ANALISIS PENGARUH TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN PERCEIVED ENJOYMENT TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA DIGITAL PAYMENT PADA LAYANAN TRANSAKSI APLIKASI DANA (Studi Pada Generasi Milenial Di Bandar Lampung )

KIKI, ULANDARI (2023) ANALISIS PENGARUH TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN PERCEIVED ENJOYMENT TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA DIGITAL PAYMENT PADA LAYANAN TRANSAKSI APLIKASI DANA (Studi Pada Generasi Milenial Di Bandar Lampung ). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover Bab 1 - 2 Dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Keputusan menggunakan suatu teknologi berkaitan dengan persepsi konsumen yang dapat mempengaruhi penerimaan atau penolakan terhadap suatu teknologi. Salah satu Perkembangan teknologi saat ini adalah sistem pembayaran keuangan yaitu adanya digital payment untuk bertransaksi secara digital. Adapun, digital payment yang saat ini sedang berkembang di kalangan masyarakat adalah aplikasi Dana. Dana memberikan kemudahan dalam bertransaksi pembayaran non-tunai (cashless), praktis, dan efisien. Untuk menganalisis bentuk penerimaan atau penolakan terhadap teknologi dapat menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) yang mempunyai 2 faktor pengukuran yaitu persepsi kemudahan dan persepsi manfaat, serta adanya penambahan persepsi kenikmatan (Perceived Enjoyment) untuk mempengaruhi kepuasan konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Dan Perceived Enjoyment Berpengaruh Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Digital Payment Pada Aplikasi Dana Dalam Perspektif Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Dan Perceived Enjoyment. Berpengaruh Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Digital Payment Pada Aplikasi Dana Dalam Perspektif Islam. Adapun objek penelitian ini adalah generasi milenial pengguna aplikasi Dana di Bandar Lampung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sifat asosiatif kausal. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi milenial di Bandar Lampung dengan sampel sebanyak 110 responden dengan menggunakan Rumus Lemeshow. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non�probability sampling karena tidak adanya data akurat mengenai jumlah generasi milenial pengguna aplikasi Dana. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, kemudian pengolahan data dengan software SPSS 21. Berdasarkan hasil pada Uji T (Simultan) menunjukkan bahwa Persepsi Manfaat berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada penggunaan aplikasi Dana, hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian yaitu nilai thitung > ttabel yaitu 0.992 < 1.982 dengan nilai signifikan 0.323 > 0.05 secara parsial. Persepsi Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada penggunaan aplikasi Dana, hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian yaitu nilai nilai thitung > ttabel yaitu 2.058 > 1.982 dengan nilai signifikan yang diperoleh 0.042 < 0,05 secara parsial. Persepsi Kenikmatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada penggunaan aplikasi Dana, hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian yaitu thitung > ttabel yaitu 7.893 > 1.982 dengan nilai signifikan yang diperoleh 0.000 < 0,05 dengan nilai signifikan yang diperoleh 0.000 < 0,05 secara parsial. Berdasarkan hasil Uji F (Simultan) secara bersama-sama diperoleh hasil Persepsi manfaat (X1), Persepsi Kemudahan (X2) dan Persepsi Kenikmatan (X3) memberikan kontribusi dan pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen (Y) sebesar 72% sedangkan sisanya sebesar 28% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Adapun untuk nilai fhitung > dari ftabel yaitu 90.731> 2.69 dengan nilai signifkan yaitu 0,000 < dari 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci : Technology Acceptance Model (TAM), Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Perceived Enjoyment, Kepuasan Konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:23
Last Modified: 05 Jun 2023 03:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28426

Actions (login required)

View Item View Item