PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 RANAU TENGAH

Uswatun, Hasanah (2023) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 RANAU TENGAH. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Uswatun Hasanah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRACT THE INFLUENCE OF THE GUIDED INQUIRY MODEL ON GENERIC SCIENCE SKILLS OF CLASS XI STUDENT SMA NEGERI 1 RANAU TENGAH By Uswatun Hasanah Generic influence skills need to be possessed by every student, this can affect the kearning activities carried out. Based on data from pre-research conducted at SMA Negeri 1 Ranau Tengah Oku Selatan, it shows that student‟s generic science skills are influenced by several factors, one of which is the learning activies appilied. Based on these problems, the author offers a Guided Inquiry learning model for student‟s Generic Sains Skills in physics learning activities at SMA Negeri 1 Ranau Tengah Oku Selatan. This study aims to determine the effect of the Guided Inquiry Learning Model on student‟s Generic Science skills. The research method used is Quasy Exsperimental Design whit Posttes Only Control Design research type. The population in this study was class XI science students at SMA Negeri 1 Ranau Tengah Oku Selatan. The sampling technique used was Non-Probability Sampling with the Type of Porposive Ssampling technique. The sample in this study was class XI sience 1 as an experimental class and class XI Science 2 as a dick class. The instrument in this study are multiple�choice question test instruments to measure students Generic Science Skills and observation sheets on the implementation of the Guided Inkuiri model. Baded the result of the study and through hypethesis testing using SPSS 16.0 show that the result of generic science skills obtained in the table obtained the value that the value of sig. (2-tailed) less than the critical limit of 10.05 i e. (0.0000<0.05) thrn it can be decided that H_1 acceped. Based on the decicion. It van be interpreted that the influence of the incubative on students generic science skills Keywoards : Guided Inquiry Model, Generic Science Skills. ABSTRAK PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 RANAU TENGAH Oleh Uswatun Hasanah Keterampilan generik sains perlu dimiliki setiap peserta didik, hal tersebut dapat mempengaruhi kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Berdasarkan data hasil pra penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Ranau Tengah Oku Selatan menunjukan bahwa keterampilan generik sains peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu kegiatan pembelajaran yang di terapkan. Berdasarkan persoalan tersebut maka penulis menawarkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Generik Sains siswa dalam kegiatan pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Ranau Tengah Oku Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Generik Sains siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperiment Desain dengan jenis penelitian Posttes Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Ranau Tengah Oku Selatan.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non-Probability Sampling dengan jenis teknik Porposive Sampling.Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontol. Instrumen pada penelitian ini adalah instrument tes soal pilihan ganda untuk mengukur Keterampilan Generik Sains peserta didik serta lembar observasi keterlaksanaan model Inkuri Terbimbing. Berdasarkan hasil penelitian dan melalui uji hipotesis menggunakan SPSS 16.0 menunjukan bahwa hasil keterampilan generik sains yang diperoleh pada tabel tersebut diperoleh nilai bahwa nilai sig. (2-tailed) kurang dari batas kritis 10.05 yaitu (0,0000<0,05) maka dapat diputuskan bahwa diterima. Berdasarkan keputusan tersebut dapat diartikan bahwa pengaruh model inkuriterbimbing terhadap keterampilan generik sains siswa. Kata Kunci :Model Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Generik Sains.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 May 2023 06:46
Last Modified: 31 May 2023 06:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28393

Actions (login required)

View Item View Item