PENGARUH PERSEPSI RISIKO DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DIMASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung)

BILQIS, FITRI AMANDA (2023) PENGARUH PERSEPSI RISIKO DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DIMASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI BILQIS FITRI AMANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Era globalisasi ini perkembangan teknologi dan informasi di dunia khususnya internet mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Internet menghubungkan satu orang dengan orang lain, menyediakan informasi, sebagai media entertainment, maupun sebagai sarana komunikasi. Oleh karena itu sebagian masyarakat memandang internet sebagai sesuatu yang wajib dipenuhi untuk menunjang kegiatan sehari�hari mereka. Namun dibalik segala kecanggihan dan kemudahan yang ditawarkan internet melalui fasilitas yang dimilikinya, internet juga memiliki dampak negatif, terutama bagi pelaku bisnis yang menggunakan media sosial untuk memasarkan produknya. Dalam kasus penipuan transaksi online seperti ini masih sering terjadi bahkan semakin meningkat selama pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang mana data tersebut diperoleh melalui bantuan instrumen penelitian berupa kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan metode yang dipilih adalah purposive pampling Kuesioner tersebut dibagikan kepada 100 orang responden dan diolah menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Persepsi Risiko secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online masyarakat Kota Bandar Lampung, hal ini dilihat dari signifikansi Persepsi Risiko sebesar 0,008 < 0,005 dan dapat juga dilihat dari thitung sebesar 2,688 > 1,984. Begitupun dengan Kepercayaan Konsumen secara parsial juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online masyarakat Kota Bandar Lampung. hal ini dilihat dari signifikansi Kepercayaan Konsumen sebesar 0,000 < 0,005 dan dapat juga dilihat dari thitung sebesar 4,447 > 1,984. Kemudian, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhahadap keputusan pembelian online masyarakat Kota Bandar Lampung, hal ini dilihat dari nilai Sig. yang diperoleh adalah sebesar 0,000b atau lebih kecil dari 0,05 dan memperoleh nilai Fhitung sebesar 24,768 atau lebih besar dari Ftabel sebesar 3,09. Pandangan ekonomi Islam mengenai persepsi risiko, kepercayaan konsumen dan keputusan pembelian online pada masyarakat Kota Bandar Lampung telah sesuai dengan syariat – syariat Islam meskipun belum secara maksimal. Kata Kunci : Persepsi Risiko, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian Online. ABSTRACT In this era of globalization, the development of technology and information in the world, especially the internet, is growing very rapidly. The internet connects one person to another, provides information, as entertainment media, and as a means of communication. Therefore, some people view the internet as something that must be fulfilled to support their daily activities. But behind all the sophistication and convenience that the internet offers through its facilities, the internet also has a negative impact, especially for business people who use social media to market their products. In cases of online transaction fraud like this, it still often occurs and even increases during the Covid-19 pandemic. The research method used in this research is quantitative method, the type of data used in this research is primary data where the data is obtained through the help of research instruments in the form of questionnaires. The sampling technique used was simple random sampling with the method chosen was purposive pampling The questionnaire was distributed to 100 respondents and processed using the SPSS version 25 program. The results showed that: Perception of Risk partially has a positive and significant effect on Online Purchasing Decisions of the people of Bandar Lampung City, this can be seen from the significance of Risk Perception of 0.008 <0.005 and can also be seen from the tcount of 2.688> 1.984. Likewise, Consumer Trust partially also has a positive and significant effect on Online Purchasing Decisions for the people of Bandar Lampung City. this can be seen from the significance of Consumer Trust of 0.000 <0.005 and can also be seen from the tcount of 4.447> 1.984. Then, Risk Perception and Consumer Trust simultaneously have a significant effect on online purchasing decisions for the people of Bandar Lampung City, this can be seen from the Sig. value obtained is 0.000b or smaller than 0.05 and obtained an Fcount value of 24.768 or greater than Ftabel of 3.09. The view of Islamic economics regarding risk perception, consumer confidence and online purchasing decisions in the people of Bandar Lampung City is in accordance with Islamic law even though it is not maximized. Keywords: Risk Perception, Consumer Trust, Online Purchasing Decisions.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2023 07:03
Last Modified: 30 May 2023 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28373

Actions (login required)

View Item View Item