PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATIC) PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

Antika, Febriyani (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATIC) PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANTIKA OK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penggunaan teknologi menjadi lebih berkembang dalam dunia pendidikan, sehingga pendidik dituntut untuk lebih inovatif dalam proses pembelajaran baik dalam penyediaan bahan ajar ataupun penerapan model pembelajaran guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Pada studi pendahuluan yang dilakukan di MTsN 1 Bandar Lampung dan MTsN 2 Bandar Lampung ditemukan permasalahan seperti tersedianya bahan ajar yang belum maksimal dan metode pembelajaran yang cenderung membosankan bagi peserta didik, serta kurangnya minat peserta didik terhadap materi pembelajaran Fisika. Untuk menemukan penyelesaian masalah tersebut peneliti melakukan suatu penelitian melalui pengembangan E-Modul dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Matehematic) pada materi Getaran dan Gelombang Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui validitas e�modul yang dikembangkan dan respon pendidik serta peserta didik terhadap kelayakan e-modul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 3D (Define, Design, and Development). Instrumen yang digunakan ini berupa lembar uji validitas dan angket responden pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi E-Modul Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Matehematic). Pada Materi Getaran dan Gelombang oleh ahli diperoleh persentase validasi ahli materi 98% dan ahli media 87,7% dengan kategori sangat layak digunakan. Hasil penilaian angket respon dari pendidik di MTsN 1 Bandar Lampung dan MTsN 2 Bandar Lampung diperoleh 82% dan peserta didik MTsN 1 Bandar Lampung dan MTsN 2 Bandar Lampung 83,12% kategori sangat menarik , sehingga e-modul pembelajaran fisika dengan pendekatan STEAM pada materi Getaran dan Gelombang layak digunakan sebagai bahan ajar mandiri peserta didik. Kata Kunci : E-Modul, Getaran dan Gelombang, Pengembangan, 3D iv ABSTRACT Using a technology would be more develop in education , that's why the teacher must be more innovative on learning process including material and learning model material to increase the higher learning quality. On the head of the learning program at MTsN 1 Bandar Lampung and MTsN 2 Bandar Lampung has been found any problems such as less learning material, boring learning system for students and they are less interested in physics subject. To solve this problems, the writer was doing some research and develop e-module as More familiar STEAM (sience, technology, engineering, art, and mathematics) the sounds and vibration as material. Has a purpose are to know validity e modul and the students response while using. This research is a development research using the 3D development model (Define, Design, and Development). The instrument which is used as a piece of paper as a quisioner for student and teacher. The result of research shown that learning e modul on physics STEAM on sounds material by scientists is 98% and 87,7% as media . It's shown that it is very recommended to use. The quisioner of this methods learning from students MTsN 1 and MTs N 2 Bandar Lampung, 83,12% It's very interesting category. Therefore learning methods e-module on physics subject of Sounds and vibration material are ready to use as a learning methods for students and teacher. Keyword: E-Module, sounds and vibration, development,3D

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2023 02:41
Last Modified: 30 May 2023 02:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28356

Actions (login required)

View Item View Item