PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SYNERGETIC TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 LIWA

Adia, Purnama (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SYNERGETIC TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 LIWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalah yang terdapat pada penelitian ini adalah 1) rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik 2) rendahnya motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika 3) pelajaran fisika masih dianggap sebagai salah satu pelajaran yang membosankan dengan ditunjukkan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran di dalam kelas. Metode pembelajaran Synergetic teaching merupakan metode pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mendapatkan pengalaman yang berbeda dengan mempelajari materi yang sama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran synergetic teaching terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Liwa. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif tipe Quasi Eksperimen yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan metode synergetic teaching sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan metode synergetic teaching. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA di SMA Negeri 1 Liwa yang berjumlah 218 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Clauster Random Sampling sehingga terpilih dua kelas yang menjadi sampel yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas Eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas Kontol dengan jumlah masing masing 20 peserta didik. Cara pengambilan data yaitu menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dan angket motivasi belajar. Data yang di peroleh kemudian diolah dengan analisis menggunakan uji-t. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada kemampuan berpikir kritis maka didapatkan hasil thit = 2,115 dan ttab = 2,109 pada taraf signifikan 5% berarti terdapat pengaruh metode pembejaran synergetic teaching terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kemudian pada motivasi belajar mendapatkan hasil thit = 2,885 dan ttab = 2,109 pada taraf signifikan 5% berarti terdapat pengaruh metode pembelajaran synergetic teaching terhadap motivasi belajar peserta didik Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar, Synergetic teaching iii The problems found in this study were 1) low critical thinking skills of students 2) low motivation of students in learning physics 3) physics lessons were still considered as one of the boring lessons by showing that students were less active in learning in the classroom. The Synergetic teaching learning method was a method that allows students to get different experiences by studying the same material. The aim of this study was to determine the effect of the synergetic teaching learning method on critical thinking skills and learning motivation of class X students of SMA Negeri 1 Liwa. The type of this research was Quasi-Experimental Quantitative which was involving two classes, the experimental class and the control class. The experimental class uses the synergetic teaching method while the control class does not use the synergetic teaching method. The population in this study were all students of X grade Science at SMA Negeri 1 Liwa, they were 218 students. The sampling technique used was Clusters Random Sampling so there were two classes were selected as samples. X science 1 as the experiment class and X science 2 as the control class with a total of 20 students each. The method of collecting data was using test of critical thinking skills and learning motivation questionnaires. The data obtained is then processed by analysis using the T-test. From the results of testing the hypothesis using the T-test on critical thinking skills, the results obtained thit = 2.115 and ttab = 2.109 at a significant level of 5% means that there was an effect of the synergetic teaching method on students' critical thinking abilities. Then on the motivation to learn to get thit = 2.885 and ttab = 2.109 at a significant level of 5%, means that there was an effect of the synergetic teaching learning method on students' learning motivation. Keywords : Critical Thinking Ability, Motivation to learn, Synergetic teaching

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 May 2023 06:30
Last Modified: 25 May 2023 06:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28277

Actions (login required)

View Item View Item