IMPLEMENTASI STRATEGI BELAJAR AKTIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMK NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG

Nasir, Rifaldi (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI BELAJAR AKTIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMK NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of TESIS NASIR RIFALDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Proses Pembelajaran di kelas memiliki keterkaitan yang erat antara guru, peserta didik, kurikulum, sarana dan prasarana. Seorang guru harus bisa memilih starategi pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang disampaikan di dalam proses pembelajaran demi tercapainya tujuan pendidikan. Kegiatan belajar membuat semua orang sadar bahwa pusat utama proses pembelajaran di kelas adalah peserta didik. Paradigma ini mengembang menjadi paradigma pendekatan belajar mutakhir, menggeser kebiasaan sekolah tradisional yang cenderung menempatkan guru sebagai pusat kegiatan. Namun umum terjadi bahwa guru yang terlihat aktif di kelas dan menjadi subjek yang mendominasi dalam proses pembelajaran, sementara peserta didik nya tidak aktif. Keaktifan peserta didik di kelas sangat diperlukan karena proses kerja sistem memori sangat membantu perkembangan emosional peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan mengetahui evaluasi Strategi Belajar Aktif dalam pembelajaran PAI pada SMK Negeri 5 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.. Sumber data ddalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa telah dilakukan penerapan strategi belajar aktif pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan Capaian pembelajaran/silabus dan RPP, pelaksanaan Strategi Belajar Aktif guru PAI melakukan kegiatan pendahuluan seperti mengucapkan salam, berdo’a, mereview, Tanya jawab dan dilanjutkan dengan Kegiatan pembelajaran aktif. Evaluasi yang digunakan dalam Pembelajaran PAI yaitu Guru memberikan evaluasi pada aspek Kognitif digunakan Nilai Hasil Belajar pada UTS, UAS, atau pun US, pada penilaian Psikomotorik menggunakan form penilaian hafalan, pada aspek Afektif menggunakan form penilaian sikap. Kata Kunci: Strategi Belajar Aktif, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam ABSTRACT The learning process in the classroom has a close relationship between teachers, students, curriculum, facilities and infrastructure. A teacher must be able to choose the right learning strategy in accordance with the material presented in the learning process in order to achieve educational goals. Learning activities make everyone aware that the main center of the learning process in the classroom is the learners. This paradigm expands into a paradigm of cutting-edge learning approaches, shifting traditional school habits that tend to place teachers at the center of activities. However, it is common for it to happen that the teacher who is seen is active in the classroom and becomes the dominating subject in the learning process, while his students are inactive. Activeness of learners in the classroom is very necessary because the working process of the memory system is very helpful for the emotional development of learners. The purpose of this study was to determine the planning, implementation, and evaluation of Active Learning Strategies in learning PAI at SMK Negeri 5 Bandar Lampung. This type of research is descriptive qualitative. Data sources in this study are primary and secondary data. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results of this study is known that the application of active learning strategies in Islamic education learning by using Learning Outcomes / syllabus and lesson plans, the implementation of Active Learning Strategies Pai teachers conduct preliminary activities such as greeting, praying, reviewing, questioning and continued with active learning activities. The evaluation used in Pai learning is that teachers provide evaluation on cognitive aspects using the value of learning outcomes in UTS, UAS, or US, on Psychomotor assessment using rote assessment forms, on affective aspects using attitude assessment forms. Keywords: Active Learning Strategies, Learning, Islamic Education.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 May 2023 07:41
Last Modified: 23 May 2023 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28230

Actions (login required)

View Item View Item