PENGARUH TARIF, PELAYANAN DAN KETEPATAN WAKTU TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PELANGGAN JASA TRANSPORTASI ROSALIA INDAH BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF ISLAM

M., Abdurrahman Faqihuddin (2023) PENGARUH TARIF, PELAYANAN DAN KETEPATAN WAKTU TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PELANGGAN JASA TRANSPORTASI ROSALIA INDAH BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (697kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PO Rosalia Indah merupakan salah satu perusahaan Bus yang tetap eksist ditengah krisis ekonomi saat ini. Salah satu strategi yang digunakan PO Rosalia Indah adalah dengan selalu mengutamakan kepuasan maksimal bagi pengguna jasa bus tersebut. Tetapi pada saat ini sering dijumpai adanya sesuatu yang dapat menyebabkan konsumen mengeluh mengenai pelayanan, seperti ac bocor, tidak adanya bantal, kursi sedikit goyang, bau yang kurang enak yang berasal dari toilet, seringkali tidak tepat waktu pemberangkatan maupun saat tiba ditujuan, gangguan-gangguan selama perjalanan yang mengurangi kenyamanan konsumen yang disebabkan oleh banyaknya pengamen, pedagang asongan yang seringkali memaksa konsumen untuk mengeluarkan uangnya sehingga membuat konsumen merasa terganggu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan jasa transportasi Rosalia Indah Bandar Lampung. Data diperoleh melalui pernyataan-pernyataan tertulis dengan menggunakan kuisioner. Kuisioner disebar kepada 96 konsumen Rosalia Indah dengan teknik non probability sampling. Dan cara pengambilan sampel menggunakan cara Incidental Sampling. Hasil penelitian Tarif berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Ketepatan waktu berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Dari segi perspektif ekonomi islam PO Rosalia Indah telah menerapkan nilai�nilai Islam dalam menetapkan Tarif. Adapun dalam hal pelayanan dan ketepatan waktu masih ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam yang perlu diperbaiki seperti adanya ac yang bocor, bau kurang sedap dari toilet bus, keterlambatan bus dan lain-lain. Kata Kunci : Tarif, Pelayanan, Ketepatan Waktu, Loyalitas Konsumen. ABSTRACT PO Rosalia Indah is one of the bus companies that still exists in the midst of the current economic crisis. One of the strategies used by PO Rosalia Indah is to always prioritize maximum satisfaction for the bus service users. The key to success so that consumers are loyal is to provide services in the form of Tarifs, convenience, and timeliness so that the needs and desires of consumers are met. But at this time there is often something that can cause consumers to complain about the service, such as leaking air conditioners, no pillows, slightly rocking chairs, unpleasant odors coming from the toilet, often not on time for departure or arrival at destination, disturbances during trips that reduce consumer comfort caused by the many buskers, hawkers who often force consumers to spend their money, making consumers feel annoyed. The research method used in this study is a quantitative method. The sample in this study were customers of Rosalia Indah Bandar Lampung's transportation services. Data obtained through written statements using a questionnaire. Questionnaires were distributed to 96 consumers of Rosalia Indah using a non-probability sampling technique. And the method of sampling using Incidental Sampling. The results of the Tarif research affect consumer loyalty. Services affect consumer loyalty. Timeliness affects consumer loyalty. In an Islamic economic perspective, PO Rosalia Indah has implemented Islamic values in setting Tarifs. As for service and timeliness, there are still a number of things that are not in accordance with Islamic values that need to be repaired, such as leaking air conditioners, bad odors from bus toilets, bus delays and others. Keywords: Tarif, Service, Timeliness, Consumer Loyalty.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 May 2023 03:03
Last Modified: 23 May 2023 03:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28210

Actions (login required)

View Item View Item