PENGARUH SELF-EFFICACY, KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pemuda Desa Sumber Sari, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan, Lampung)

Linda, Nurkarisma (2023) PENGARUH SELF-EFFICACY, KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pemuda Desa Sumber Sari, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan, Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1-5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah jumlah pengangguran yang relatif tinngi, rendahnya minat berwirasuaha pemuda Desa Sumber Sari, rendahnya self-efficacy, kepercayaan diri, dan motivasi serta perlunya penerapan wirausaha sesuai dengan perspektif ekonomi Islam. Rumusan penelitian ini adalah apakah self-efficacy, kepercayaan diri, dan motivasi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat berwirausaha serta bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap minat berwirausaha pemuda Desa Sumber Sari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rumusan masalah penelitian. Dalam menganalis teori diatas peneliti menggunakan teori perilaku berencana yang dikembangkan oleh Ajzen (1991) untuk melihat minat suatu individu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) dan penelitian kepustakaan (library research), serta bersifat korelasional. Populasi penelitian ini adalah pemuda berjumlah 240, teknik pengambilan sampel digunakan teknik random sampling dihasilkan 60 responden, untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS versi 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel self-efficacy, Kepercayaan diri, dan Motivasi secara parsial dan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Dalam Perspektif Ekonomi Islam memandang bahwa minat berwirausaha adalah sebagai bentuk usaha yaitu bagi seorang muslim, implementasi dari motif atau keinginan itu sendiri dimaksudkan sebagai suatu proses ikhtiar dalam rangka ibadah dalam mencari keridhaan Allah Swt. untuk mencapai keberuntungan, tidak saja dalam kehidupan duniawi tetapi juga untuk di akhirat kelak. Kemudian dari tujuan berwirausaha atau bekerja sebagai bentuk dalam tinjauan ibadah dan jihad, berkenaan dengan tujuan-tujuan yang hendak dicapai tetap sesuai dengan ajaran Islam. Kata Kunci : Self-efficacy, Kepercayaan diri, Motivasi, Minat Berwirausaha. ABSTRACT The background of the problem in this study is the relatively high number of unemployed, the low interest in entrepreneurship in the youth of Sumber Sari Village, low self-efficacy, self-confidence, and motivation and the need for entrepreneurship in accordance with an Islamic economic perspective. The formulation of this research is whether self�efficacy, self-confidence, and motivation partially and simultaneously affect the interest in entrepreneurship and how is the view of Islamic economics towards the interest in entrepreneurship in the youth of Sumber Sari Village. The purpose of this research is to find out the formulation of the research problem. In analyzing the theory above, the researcher uses the theory of planned behavior developed by Ajzen (1991) to see an individual's interests. This research uses quantitative research methods, with the type of field research (Field Research) and library research (library research), and is correlational in nature. The population of this study were 240 youths, the sampling technique used random sampling technique produced 60 respondents, for data collection using questionnaires, interviews, and documentation. This study uses Structural Equation Modeling (SEM) analysis based on Partial Least Square (PLS) using the SmartPLS version 3.0 application. The results of this study indicate that the variables of self-efficacy, self-confidence, and motivation partially and simultaneously have a positive and significant effect on the interest in entrepreneurship. In the Islamic Economic Perspective, it is seen that the interest in entrepreneurship is a form of business, that is, for a Muslim, the implementation of the motive or desire itself is intended as a process of endeavor in the framework of worship in seeking the pleasure of Allah SWT. to achieve good luck, not only in worldly life but also in the hereafter. Then from the purpose of entrepreneurship or work as a form in the view of worship and jihad, with regard to the goals to be achieved, they are still in accordance with Islamic teachings. Keywords: Self-efficacy, Self-confidence, Motivation, Interest In Entrepreneurship.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2023 06:56
Last Modified: 17 May 2023 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28119

Actions (login required)

View Item View Item