PENGARUH DESTINATION IMAGE DAN AKSESIBILITAS WISATA TERHADAP REVISIT INTENTION DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengunjung Wisata Curup Kereta Desa Rambang Jaya, Kec. Umpu Semenguk, Kab. Way Kanan)

ERLITA, HARIYANI (2023) PENGARUH DESTINATION IMAGE DAN AKSESIBILITAS WISATA TERHADAP REVISIT INTENTION DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengunjung Wisata Curup Kereta Desa Rambang Jaya, Kec. Umpu Semenguk, Kab. Way Kanan). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Download (14MB)
[thumbnail of cover bab 1+bab 5&dapus.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Pembangunan dalam sektor pariwisata sedang dilakukan oleh banyak pihak, tak terkecuali pada Wisata Curup Kereta. Namun, dalam beberapa bulan terakhir terjadi tidak stabilnya jumlah pengunjung ke Wisata Curup Kereta. Diketahui bahwa Curup Kereta telah memiliki image yang baik dimata masyarakat serta akses jalan yang memadai dan dekat dengan pusat keramaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Destination Image dan Aksesibilitas Wisata terhadap Revisit Intention dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui google form. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pengunjung Wisata Curup Kereta. Sampel sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus Lemeshow, diambil dengan cara nonprobability sampling dengan teknik sampling incidental dan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini Destination Image berpengaruh signifikan terhadap Revisit Intention dapat dilihat dari signifikansi Destination Image sebesar 0,001 < 0,05 dan dapat juga dilihat dari thitung sebesar 3,425 > ttabel sebesar 1,984. Variabel Aksesibilitas Wisata berpengaruh signifikan terhadap Revisit Intention dapat dilihat dari signifikansi Aksesibilitas Wisata sebesar 0,006 < 0,05 dan juga dilihat dari thitung sebesar 2,793 > ttabel sebesar 1,984. Hasil penelitian dalam perspektif ekonomi islam dari variabel Destination Image dan Aksesibilitas Wisata dalam Q.S. Al-Baqarah:29 bahwa manusia sebagai khalifah bumi wajib menjaga dan mengelola bumi beserta isinya dengan baik agar senantiasa bersyukur atas nikmat Allah SWT. Selain itu Q.S. Al�Mulk:15 menjelaskan bahwasanya. Allah telah berfirman didalam Al�Qur’an dan memerintahkan umat manusia supaya berkelana kesetiap pelosok dunia. Kata Kunci : Destination Image, Aksesibilitas Wisata, Revisit Intention ABSTRACT Development in the tourism sector is being carried out by many parties, including Curup Train Tourism. However, in recent months there has been an unstable number of visitors to Curup Kereta Wisata. It is known that Curup Kereta has a good image in the eyes of the public as well as adequate road access and close to the center of the crowd. The purpose of this study was to determine the effect of Destination Image and Tourism Accessibility on Revisit Intention in an Islamic economic perspective. This study uses a quantitative approach method. The data used is primary data by distributing questionnaires online via the Google form. The population in this study were all visitors to the Curup Train Tour. A sample of 100 people using the Lemeshow formula, was taken by means of nonprobability sampling with incidental sampling and purposive sampling techniques. The data analysis used was multiple linear regression analysis which was processed using SPSS version 25. The results of this study Destination Image has a significant effect on Revisit Intention can be seen from the significance of Destination Image of 0.001 <0.05 and can also be seen from the tcount of 3.425 > ttable of 1.984. The Tourism Accessibility variable has a significant effect on Revisit Intention. It can be seen from the significance of Tourism Accessibility of 0.006 <0.05 and also seen from the tcount of 2.793 > ttable of 1.984. The results of research in the Islamic economic perspective from the Destination Image and Tourism Accessibility variables in the Q.S. Al-Baqarah: 29 that humans as caliphs of the earth are obliged to maintain and manage the earth and its contents properly so that they are always grateful for the blessings of Allah SWT. In addition, Q.S. Al-Mulk: 15 explains that. Allah has spoken in the Qur'an and ordered mankind to travel to every corner of the world Keywords : Destination Image, Tourism Accessibility, Revisit Intention

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 May 2023 04:01
Last Modified: 16 May 2023 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28089

Actions (login required)

View Item View Item