EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DAN PBL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SUHU DAN KALOR PADA SISWA KELAS X SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG (Studi Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA YP Unila Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016)

ZELLIA , NOVA (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DAN PBL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SUHU DAN KALOR PADA SISWA KELAS X SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG (Studi Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA YP Unila Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DAN PBL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SUHU DAN KALOR PADA SISWA KELAS X SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG Oleh Nova Zellia Penelitian ini berlatang belakang adanya pendidik yang kurang tepat dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara model pembelajaran ARIAS dan PBL terhadap penguasaan konsep suhu dan kalor dan untuk mengetahui model pembelejaran yang lebih efektif digunakan antara model pembelajaran ARIAS dan Problem Based Learning (PBL) terhadap penguasaan konsep suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA YP Unila Bandar Lampung dengan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diperoleh menggunakan teknik Cluster Random Sampling yakni kelas eksperimen I (X MIPA 2) yang diterapkan model pembelajaran ARIAS dan kelas eksperimen II (X MIPA 4) yang diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data yaitu instrumen tes (pretest dan postest). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil uji-t dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa thitung = 2,03 > ttabel = 1,99, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan menggunakan model pembelajaran ARIAS dan model PBL terhadap penguasaan konsep. Hasil analisis data dengan Effect Size diperoleh nilai sebesar 0,45 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran ARIAS lebih efektif dibandingkan dengan model Problem Based Learning (PBL) terhadap penguasaan konsep suhu dan kalor pada siswa kelas X SMA. Kata kunci: model pembelajaran ARIAS, PBL, penguasaan konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:18
Last Modified: 08 Jan 2018 06:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2808

Actions (login required)

View Item View Item