PENERAPAN METODE RESOURCE BASED LEARNING (RBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 6 BANDAR LAMPUNG

Rosita, Mila (2017) PENERAPAN METODE RESOURCE BASED LEARNING (RBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 6 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (63MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang baik dalam keluarga, masyarakat dan bangsa dalam. Keberhasilan pendidik bukan hanya tergantung pada sistem yang dibangun karena yang penting adalah pada kualitas guru. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu alternative untuk meningkatkan hasil belajar IPS yaitu guru menggunakan metode pembelajaran Resource Based Learning. Bagaimanakah dengan menggunakan perencanaan pembelajaran dengan metode Resource Based Learning pada pembelajaran IPS kelas IV MIN 6 Bandar Lampung. Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran dengan metode Resource Based Learning pada pembelajaran IPS kelas IV MIN 6 Bandar Lampung. Bagaimanakah penilaian pembelajaran dengan Metode Resource Based Learning pada pembelajaran IPS kelas IV MIN 6 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran dengan metode Resource Based Learning pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Metode pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian yang telah dilakukan di kelas IV MIN 6 Bandar Lampung. Analisis data adalah data colection, data display, data reduction, data verification. Berdasarkan hasil penelitan bahwa perencanaan metode Resource Based Learning pada pembelajaran IPS di kelas IV MIN 6 Bandar Lampung yaitu guru mempersiapkan Sibalus pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), memberikan motivasi kepada peserta didik, mengatur posisi tempat duduk peserta didik, mempersiapkan materi IPS dengan menggunakan metode Resource Based Learning. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode Resource Based Learning pada pembelajaran IPS di kelas IV MIN 6 Bandar Lampung terdapat langkah-langkah pembelajaran IPS yaitu guru melakukan kegiatan awal meliputi apresiasi, tujuan dan tema, mengatur tempat duduk, melaksanakaan kegiatan pembukaan, guru melakukan kegiatan inti meliputi. Guru melakukan kegiatan penutup yang menyimpulkan kegiatan. Penilaian pembelajaran dengan metode Resource Based Learning pada pembelajaran IPS di kelas IV MIN 6 Bandar Lampung menggunakan jenis instrumen penilaian dapat berupa tes lisan secara dan tes tertulis berupa soal pilihan ganda, aspek yang dinilai berupa aspek kognitif, hasil penilaian peserta didik mendapatkan nilai-nilai yang bagus tetapi ada beberapa peserta didik yang tidak tuntas nilai hasil iii belajar, penilaian diperoleh dari berupa hasil Lembar Kerja Peserta didik dan daftar nilai peserta didik. Kata Kunci : Metode Resource Based Learning, IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Dec 2017 06:58
Last Modified: 29 Dec 2017 06:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2795

Actions (login required)

View Item View Item