PERBANDINGAN METODE MIND MAPPING DAN CONCEPT MAP TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA

HILDA YANTI , THANIA (2017) PERBANDINGAN METODE MIND MAPPING DAN CONCEPT MAP TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF (SKRIPSI)
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PERBANDINGAN METODE MIND MAPPING DAN CONCEPT MAP TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRATIF PESERTADIDIK KELAS X SMA Oleh: Thania Hida Yanti Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berfikir kreatifmenggunakan metode mind mapping dan concept terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik pada pokok bahasan Alat Alat Ukur di SMA Swadhipa Bumisari Natar. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimen dengan desain penelitian the Satatic Group PretestPostest Desigen. Rancangan ini menggunakan rumpun yang bebeda dan perlakuan yang sejenis, pada kedua kelompok siswa yang akan di teliti di berikan tes awal,(pretes),perlakuan,dan tes akhir (pascates). Subjek yang diamati adalah peserta didik kelas X semester 1 kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2. SMA Swadhipa Bumisari Natar Tahun Pelajaran 2016/2017. Instrumen dalam penelitian ini adaalh lembar tes lembar tes tertulis pretes dan postes lembar Obeservasi dan data diolah dengan Microsoft Office Excel. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan instrument tes. Instrument tes berbentuk essay berbentuk test kemampuan berpikir kreatif. Diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah menggunakan Metode Mind mapping dengan nilai rata-rata posttest 85 dan Concept map sebesar 80 . Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dengan Uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 11,74> 1,66 dengan taraf signifikan 5%. Jadi H1 diterima, yang menandakan bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran perbandingan metode mind mapping danconcept map terhadap kemampuan berfikir kratif pesertadidik kelas X SMA Kata Kunci : Metodel Pembelajaran, Mind mapping dan Concept map, terhadap Kemampuan Berpikir kreatif Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:19
Last Modified: 08 Jan 2018 06:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2788

Actions (login required)

View Item View Item