PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

IFANA , AYU (2017) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF (SKRIPSI)
Download (3MB)
[img] PDF (ABSTRAK)
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016 Oleh : AYU IFANA PMPN RI No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi mata pelajaran fisika, yakni fisika merupakan mata pelajaran yang bertujuan sebagai wahana yang mampu untuk menumbuhkan kemampuan berpikir yang berguna untuk memupuk sikap ilmiah yakni jujur, obyektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain serta berdasakan teori Piager yang mengatakan masa anak usia 15 tahun atau telah memasuki masa operasional formal atau setara SMA/MA merupakan masa dimana seorang peserta didik dapat berkemampuan tingkat tinggi kemampuan kritis dan kreatif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran problem based learning dan inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi listrik dinamis. Indikator kemampauan berpikir kritis yang digunakan yakni indikator yang diadaptasi dari penelitian Ennis yaitu memfokuskan pertanyaan, menganalisis argumen, bertanya dan menjawab, mempertimbangkan apakah sumber dapat dipercaya atau tidak, mendeduksi dan mempertimbangkan hasil deduksi, menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi, mengidentifikasi asumsi dan menentukan tindakan. Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan rancangan penelitian post-test only control group design. Data yang diperoleh berupa data hasil kemampuan berpikir kritis. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Uji hipotesis dari uji-t sampel berkorelasi menghasilkan nilai thitung sebesar 2,03 dan ttabel sebesar 1,993 dengan keputusan uji thitung > ttabel atau 2,03 > 1,993, maka H0 ditolak, sehingga kesimpulan dari penelitian ini terdapat perbedaan dari model problem based learning dan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA Negei 8 Bandar Lampung. Perbedaan tersebut dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan dari indikator berpikir kritis yang berasal nilai rata-rata dari setiap indikator kemampuan berpikir kritis dari kedua model pembelajaran yaitu nilai rata-rata keseluruhan dari model problem based learning sebesar 75 dan nilai rata-rata model inkuiri terbimbing sebesar 71. sehingga dapat disimpulkan bahwa model problem based learning lebih baik daripada model inkuiri terbimbing Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis, PBL

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:19
Last Modified: 08 Jan 2018 06:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2755

Actions (login required)

View Item View Item