PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF FISIKA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK KELAS XI SMA/MA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS

SEPTIANA, FAIS (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF FISIKA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK KELAS XI SMA/MA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF (SKRIPSI)
Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF FISIKA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK KELAS XI SMA/MA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS Oleh : Fais Septiana Latar belakang dari penelitian ini adalah 1) bagaimana kualitas bahan ajar interaktif fisika menggunakan macromedia flash dengan pendekatan saintifik untuk kelas XI SMA/MA pokok bahasan fluida statis 2) bagaimana respon peserta didik terhadap bahan ajar interaktif fisika menggunakan macromedia flash dengan pendekatan saintifik untuk kelas XI SMA/MA pokok bahasan fluida statis. Pengembangan dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan research and development (R&D) yang mengadobsi model penelitian Brog and Gall, yang meliputi 1) Potensi dan masalah 2) Pengumpulan data 3) Desain produk 4) Validasi desain 5) Revisi desain 6) Ujicoba produk 7) Revisi produk 8) Ujicoba pemakaian 9) revisi produk 10) Produksi masal. Penelitian dibatasi pada tujuh tahapan yaitu 1) Potensi dan masalah 2) Pengumpulan data 3) Desain produk 4) Validasi desain 5) Revisi desain 6) Ujicoba produk 7) Revisi produk. Uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA.1 MA Masyariqul Anwar Bandar Lampung, dengan jumlah 23 peserta didik, yang terdiri dari 3 peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu menggunakan lembar validasi berupa angket dan analisis data untuk menghitung skor jawaban berdasarkan skala likert. Kualitas bahan ajar interaktif menggunakan macromedia flash dengan pendekatan saintifik dikategorikan sangat layak oleh ahli materi, ahli media, dan guru SMA/MA dengan persentase 87,67% sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alat bantu dalam proses pembelajaran. Respon peserta didik terhadap bahan ajar interaktif menggunakan macromedia flash dengan pendekatan saintifik ini memperoleh rata-rata 76,76% dengan kategori baik. Kata kunci : Bahan Ajar Interaktif, Macromedia Flash, Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:21
Last Modified: 08 Jan 2018 06:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2742

Actions (login required)

View Item View Item