EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CUPS (CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS X MA MATHLA’UL ANWAR GISTING

Sari , Meisita (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CUPS (CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS X MA MATHLA’UL ANWAR GISTING. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ABSTRAK] PDF (ABSTRAK)
Download (939kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
Download (329kB)
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
Download (450kB)
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
Download (534kB)
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
Download (233kB)
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
Download (83kB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CUPS (CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS X MA MATHLA’UL ANWAR GISTING Oleh Meisita Sari Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model CUPs (Conceptual Undestanding Procedures) lebih efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy experiment dengan desain non equivalent control group. Populasi pada penelitian berjumlah 52 peserta didik kelas X MA Mathla’ul Anwar Gisting. Dengan sampel kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik sampling jenuh. Untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dilakukan tes dengan soal essay berjumlah 8, sedangkan untuk mengetahui peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi menggunakan observasi. Uji independent sample t-test digunakan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik menggunakan model CUPs dengan model demonstrasi. Hasil analisis menyatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik antara menggunakan model CUPs dengan model demonstrasi. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai sig sebesar 0,036 yang berarti nilai sig < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran fisika dengan model CUPs lebih efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Keefektifan model CUPs dapat diketahui dari nilai effect size yang diperoleh sebesar 0,3 termasuk dalam kategori sedang. Artinya model CUPs berpengaruh cukup tinggi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran fisika peserta didik kelas X. Kata Kunci: Model CUPs (Conceptual Undestanding Procedures), Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:21
Last Modified: 08 Jan 2018 06:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2740

Actions (login required)

View Item View Item