PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI ISMARIA AL-QURANNIYAH RAJA BASA BANDAR LAMPUNG

Tuzzahro, Laela (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI ISMARIA AL-QURANNIYAH RAJA BASA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Download (71MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V MI Ismaria Al-Qur’anniyah dikarenakan kurangnya ketertarikan siswa mendengarkan penjelasan guru saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Siswa hanya diam saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, hal ini yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa karena guru kurang memfokuskan perhatian siswa saat menjelaskan rumus-rumus matematika pada setiap kegiatan pembelajaran. Guna mengatasi masalah tersebut guru harus mengikutsertakan siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran probing promting,dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran probing promting lebih baik dari hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Probing Promting dan satu kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas V MI Ismaria Al-Qur’anniyah, sampel dipilih secara acak yang dilakukan sebanyak tiga kali diperoleh sampel kelas V C sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan secara kuantitatif antara kedua kelompok sampel menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh thitung = 2,091 dan t0,05:59 = 1,919 yang berarti thitung > t0,05;59 yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran probing promting lebih baik dari hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning kelas V MI Ismaria Al-Qur’anniyah Raja Basa Bandar Lampung. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika dan Model Pembelajaran Probing Promting

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2017 03:50
Last Modified: 27 Dec 2017 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2726

Actions (login required)

View Item View Item