PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TEKNIK GROUP INVESTIGATION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MIN 2 BANDAR LAMPUNG

Anggraini, Gita (2017) PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TEKNIK GROUP INVESTIGATION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MIN 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (71MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya motivasi siswa pada bidang matematika, motivasi yang kurang dari dalam diri siswa menyebabkan siswa tidak memusatkan diri pada kegiatan pelajaran, kurangnya kesiapan guru dalam mengajar sehingga pembelajaran menjadi tidak kreatif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada motivasi belajar matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran active learning teknik group investigation dan mengetahui bagaimana respon siswa terhadap strategi pembelajaran active learning teknik group investigation dalam kegiatan pembelajaran matematika dikelas. Penelitian ini dilakukan kelas V MIN 2 Bandar Lampung yang berjumlah 80 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu cluster random sampling, dari tiga kelas V yang ada, sampel dipilih berdasarkan kelas secara acak menjadi dua kelas. Sampel pada penelitian ini adalah kelas V.A terdiri dari 40 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas V.B terdiri dari 40 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket dan dokumentasi. Hasil rekapitulasi uji hipotesis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka didapatkan thitung memperoleh nilai 10,54 dan ttabel adalah 1,990 sehingga hasilnya thitung > ttabel yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Ha :

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 15 Dec 2017 03:47
Last Modified: 15 Dec 2017 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2637

Actions (login required)

View Item View Item