PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASIDANDISPOSISIMATEMATISPESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATANPEMBELAJARAN MODEL-ELICITINGACTIVITIES(MEAs) KELAS VIII SMP N 3 TULANG BAWANG TENGAH

Suryani, Eka (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASIDANDISPOSISIMATEMATISPESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATANPEMBELAJARAN MODEL-ELICITINGACTIVITIES(MEAs) KELAS VIII SMP N 3 TULANG BAWANG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of pdfjoiner_3.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuanliterasimatematisdandisposisimatematismerupakankemampuan yang harusdimilikiolehpesertadidikdalampembelajaranmatematikaterutamadalammenyelesaikanpermasalahan-permasalahan yang berkaitandengankehidupansehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan literasi matematis peserta didik yang memperoleh pendekatan Model-Eliciting Activities lebih baik dibandingkan pembelajaran Direct Intruction. (2) perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis antara peserta didik yang memiliki disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah. (3) interaksi antara model pembelajaran dan disposisi matematis peserta didik terhadap kemampuan literasi matematis. (4) disposisi matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan Model-Eliciting Activities lebih baik dibandingkan pembelajaran Direct Intruction. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 3 Tulang Bawang Tengahdengan sampel siswa kelas VIII A dan VIII B. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest kemampuanliterasi matematis,dan skala disposisi matematis.Teknik analisis data menggunakan uji-t dan uji anava dua jalan sel tak sama. Berdasarkananalisi data danpembahasan, perhitunganmenggunakanAnavaduajalanseltaksama diperoleh: (1) nilai Fa=26,514>4,043=Ftabel, maka H0Aditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik yang menggunakan Model-Eliciting ActivitiesdibandingkandenganpembelajaranDirect Instruction; (2) nilaiFb=38,211> 3,191=Ftabel, maka H0Bditolak. Hal ini berarti terdapatperbedaanpeningkatankemampuanliterasimatematisantarapesertadidik yang memilikidisposisimatematistinggi, sedang, danrendah; (3) Fab= 0,260< 3,191=Ftabel, maka H_0AB diterima. Hal ini berarti tidakterdapatinteraksiantaramodel pembelajarandandisposisimatematispesertadidikterhadapkemampuanliterasimatematis. (4) Selanjutnyaperhitunganmenggunakanuji-tdiperolehbahwa thitung=2,746>2,007=ttabel, maka H0 ditolak yang berartibahwaterdapatperbedaanpeningkatandisposisimatematispesertadidik yang menggunakanModel-Eliciting ActivitiesdibandingkandenganpebelajaranDirect Instruction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2017 04:26
Last Modified: 06 Dec 2017 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2559

Actions (login required)

View Item View Item