Ulandari, Nike Jayanti
(2017)
PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS KASUS
TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI
SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI
PENCEMARAN LINGKUNGAN SMA NEGERI 10
BANDAR LAMPUNGPENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS KASUS
TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI
SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI
PENCEMARAN LINGKUNGAN SMA NEGERI 10
BANDAR LAMPUNG.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik karena proses pembelajaran
yang belum mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Oleh
karena itu, penulis melakukan penelitian eksperimen untuk mengetahui (1) apakah
terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik antara kelas yang
menggunakan model Group Investigation (GI) berbasis kasus dengan kelas yang
menggunakan model Direct Instruction (DI), (2) apakah terdapat perbedaan
kemampuan berpikir kreatif menggunakan model Group Investigation (GI)
berbasis kasus pada peserta didik yang memiliki sikap ilmiah tinggi, sedang, dan
rendah, (3) apakah terdapat interaksi antara penggunaan model Group
Investigation (GI) berbasis kasus dengan sikap ilmiah terhadap kemampuan
berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
desain faktorial 2x3. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA
Negeri 10 Bandar Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 6 kelas yang dipilih
dengan teknik acak kelas, yaitu kelas X MIA 1, X MIA 2, X MIA 5 merupakan kelas
kontrol dan kelas MIA 4, X MIA 6, X MIA 7 merupakan kelas eksperimen. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Pengujian
hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan taraf
signifikasi 5%. Dari hasil analisis diperoleh Fa = 59,169 > Ftabel = 3,887 sehingga H0A
ditolak, Fb = 155,602 > Ftabel = 3,040 sehingga H0B ditolak, Fab = 15,476 > Ftabel = 3,040
sehingga H0AB ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1)
terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik antara kelas yang
menggunakan model Group Investigation (GI) berbasis kasus dengan kelas yang
menggunakan model Direct Instruction (DI), (2) terdapat perbedaan kemampuan
berpikir kreatif menggunakan model Group Investigation (GI) berbasis kasus pada
peserta didik yang memiliki sikap ilmiah tinggi, sedang, dan rendah, (3) terdapat
interaksi antara penggunaan model Group Investigation (GI) berbasis kasus dengan
sikap ilmiah terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik.
Kata kunci : Model Group Investigation (GI), Kemampuan Berpikir Kreatif, dan
Sikap Ilmiah
Actions (login required)
 |
View Item |