PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING TERHADAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII B DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Harahap, Sinar Juliyana Putri (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING TERHADAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII B DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER_SINAR.pdf]
Preview
PDF
Download (13kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
PDF
Download (80kB) | Preview
[thumbnail of MOTTO.pdf]
Preview
PDF
Download (144kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN_SEMINAR.pdf]
Preview
PDF
Download (20kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN_MUNAQOSYAH.pdf]
Preview
PDF
Download (21kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
PDF
Download (98kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_TABEL_-_Copy.pdf]
Preview
PDF
Download (50kB) | Preview
[thumbnail of OUT_LINE.pdf]
Preview
PDF
Download (15kB) | Preview
[thumbnail of EXAMINE.pdf]
Preview
PDF
Download (188kB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
PDF
Download (310kB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_sekrip.pdf]
Preview
PDF
Download (206kB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_skripsi.-1.pdf]
Preview
PDF
Download (204kB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (245kB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
PDF
Download (56kB) | Preview

Abstract

Kepercayaan diri akan muncul dengan keyakinan akan berhasil, apabila gagal seseorang tidak akan merasa putus asa, dalam belajar mengajar kepercayaan diri sangat penting untuk peserta didik, karna cara mengaktualisasikan potensi yang dimiliki, dan didalam kelas akan terjadinya interaksi dimana siswa dituntut untuk memiliki kepercayaan diri dalam beberapa mata pelajaran. faktor yang mempengaruhi tidak percaya diri, faktor internal dan faktor external. Faktor internl berasal dari diri individu, selalu berandai-andai, terlalu percaya perkataan orang, kondisi fisik dll, faktor external seperti pola asuh, teman sebaya, sekolah dll. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah konseling kelompok dengan teknik assertive training brpengruh terhadap meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas VIII B MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Desain eksperimen yang digunakan adalah one group design pretest-postest, karna penelitian ini tanpa menggunakan kelas kontrol dan desain ini terdapat pretest sebelum diberikan perlakuan. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung yang mendaptkan 10 sample rendah percaya diri. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat peningkatan kepercayaan diri dilihat dari mean pretests sebelum diberikan perlakuan 42,7 dan mean posttest 72,9 peserta didik setelah melaksanakan layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training dengan diperoleh (df) 9 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0,05 = 2,262, maka thitung ≥ ttabel (15,108 ≥ 2,101) atau nilai sign.(2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0.00 ≤ 0,05, ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training dapat meningkatkan kepercayaan diri pada peserta didik kelas VIII B MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2017 06:30
Last Modified: 23 Nov 2017 06:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2412

Actions (login required)

View Item View Item