PENGARUH BLENDED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA

RISMA, KEFRIANA SULISTIO (2023) PENGARUH BLENDED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_RISMA KEFRIANA NEW.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Keterampilan berpikir kritis salah satu kemampuan yang menjadi kecakapan utama dalam kehidupan di abad 21. Kemampuan untuk menganalisis informasi, membuat kesimpulan menggunakan penalaran, menilai atau mengevaluasi, dan kemudian menafsirkannya dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Blendend Learning dengan berbantuan Google Classroom terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan quasy experiment. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI SMA N 1 Seputih Agung Lampung Tengah dengan subjek kelas XI 1 sebagai kelas ekperimen dan kelas XI 4 sebagai kelas Kontrol masing –masing 41 dan 36 orang. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur keterampilam berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh data yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Blendend Learning dengan berbantuan Google Classroom terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Kelas XI SMA. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data dengan nilai sig sebesar 0,00 yang berarti sig < 0,05 sehingga H1 diterima atau terdapat perbedaan keterampilan Berpikir kritis. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Blendend Learning dengan berbantuan Google Classroom berpengaruh terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Kelas XI SMA. Kata kunci : Blendend Learning dengan berbantuan Google Classroom, Keterampilan Berpikir Kritis iv ABSTRACT Critical thinking skills are one of the main skills in life in the 21st century. The ability to analyze information, make conclusions using reasoning, assess or evaluate, and then interpret it in solving problems The purpose of this study is to determine the effect of Blendend Learning with the assistance of Google Classroom on Students' Critical Thinking Skills in Class XI SMA. This research is a quasy experiment. The population of this study were all students of class XI SMA N 1 Seputih Agung Lampung Tengah with the subjects of class XI 1 as the experimental class and class XI 4 as the control class respectively 41 and 36 people. The instrument in this study was a test instrument to measure students' critical thinking skills. Based on the research that has been carried out, data shows that there is an effect of Blendend Learning with the assistance of Google Classroom on the Critical Thinking Skills of Students in Class XI SMA. This is evidenced by the results of data analysis with a sig value of 0.00, which means sig <0.05 so that H1 is accepted or there are differences in critical thinking skills. Therefore it can be concluded that Blendend Learning with the help of Google Classroom has an effect on the Critical Thinking Skills of Students in Class XI SMA. Keywords: Blendend Learning with the help of Google Classroom, Critical Thinking Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:23
Last Modified: 12 Apr 2023 06:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23997

Actions (login required)

View Item View Item