PROFIL KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) MAHASISWA CALON GURU FISIKA DI UIN RADEN INTAN LAMPUNG

MITA, NUR INDAH SARI (2023) PROFIL KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) MAHASISWA CALON GURU FISIKA DI UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1+bab 5&dapus.pdf] PDF
Download (20MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (39MB)

Abstract

ABSTRAK Sebagai kerangka pengetahuan, TPACK telah dikenal sebagai kompetensi untuk abad ke-21. Dimana hal ini mengacu pada gagasan pedagogical content knowledge (PCK) yang memiliki persepsi sebagai kunci dari pengetahuan professional. Di lain sisi, timbulah masalah dalam mengintegraskan teknologi dalam PCK dimana menekankan pada koneksi dan interaksi konten, pedagogi dan teknologi. Agar teknologi dapat dijadikan alat untuk belajar maka di kembangkanlah konsep secara menyeluruh yang berhubungan dengan teknologi, sehingga dikenalah teknologi pengetahuan konten pedagogi (TPCK). Dalam hal ini, pengetahuan terkait konten (C), pedagogi (P), dan teknologi (T) menjadi pusat mengembangkan proses pembelajaran. Dari ketiga komponen tersebut dibingkai ulang membentuk sesuat yang kompleks yaitu techological pedagogical and content knowledge (TPACK) yang digambarkan sebagai paket total yang dibutuhkan dalam mengintegrasikan teknologi, pendidikan, pedagogi dan pengetahuan konten dalam desain kurikulum dan intruksi. Dalam penggunaan metode deskriptif ini dibarengi dengan pendekatan korelasi (Corelational Study. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengetahuan TPACK antar mahasiswa fisika semester akhir yang sudah menyelesaikan PPL (praktik pengalaman lapangan) dilihat dari variabel psikomotorik yang meliputi nilai IPK, Gender dan keikutsertaan mahasiswa dalam organisasi. . Berdasarkan populasi tersebut, dipilih 64 mahasiswa sebagai sampel dengan teknik Purposive sampling. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan TPACK mahasiswa calon guru fisika yang ditinjau dari nilai IPK. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan nilai probabilitas atau sig. lebih kecil dari Alpha 0.05 (Sig. 0.007 < α 0.05). Hasil kemampuan TPACK mahasiswa calon guru fisika yang ditinjau dari Gender tidak terdapat pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan nilai probabilitas atau sig. lebih besar dari Alpha 0.05 (Sig. 0.723 < α 0.05). Untuk variabel keikutsertaan organisasi tidak ada pengaruh yang iv signifikanpada kemampuan TPACK mahasiswa calon guru fisika. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan nilai probabilitas atau sig. lebih besar dari Alpha 0.05 (Sig. 0.314< α 0.05) Kata Kunci: kemampuan TPACK, Komponen TPACK, Nilai IPK, Gender, keikutsertaan Organisasi v ABSTRACT As a knowledge framework, TPACK has been recognized as a competency for the 21st century. Where this refers to the idea of pedagogical content knowledge (PCK) which has a perception as the key to professional knowledge. On the other hand, problems arise in integrating technology into PCK which emphasizes the connection and interaction of content, pedagogy and technology. In order for technology to be used as a tool for learning, a comprehensive concept related to technology is developed, so that pedagogical content knowledge technology (TPCK) is known. In this case, knowledge related to content (C), pedagogy (P), and technology (T) is central to developing the learning process. These three components are reframed to form something complex, namely techological pedagogical and content knowledge (TPACK) which is described as the total package needed to integrate technology, education, pedagogy and content knowledge in curriculum design and instruction. The use of this descriptive method is accompanied by a correlational study (Corelational Study). The purpose of this study is to analyze TPACK knowledge among final semester physics students who have completed PPL (practical field experience) seen from psychomotor variables which include GPA scores, gender and student participation in organization Based on the population, 64 students were selected as a sample by purposive sampling technique. Based on the data obtained, it is known that there is a significant influence between the TPACK ability of prospective physics teacher students in terms of GPA scores. The results of this study are evidenced by the probability value or sig. smaller than Alpha 0.05 (Sig. 0.007 < α 0.05). The results of the TPACK ability of prospective physics teacher students in terms of gender have no significant effect. The results of this study are evidenced by the probability value or sig. greater than Alpha 0.05 (Sig. 0.723 < α 0.05). For the organizational participation variable, there is no significant effect on the TPACK ability of physics teacher candidates. The results of this study are evidenced by the probability value or sig. greater than Alpha 0.05 (Sig. 0.314 < α 0.05) vi Keywords: TPACK ability, TPACK Components, GPA Score, Gender, Organizational participation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:36
Last Modified: 12 Apr 2023 02:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23991

Actions (login required)

View Item View Item