PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW DAN ONLINE CONSUMER RATING SEBAGAI PERTIMBANGAN DALAM BERTRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MARKETPLACE SHOPEE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Masyarakat Berprofesi di Kota Bandar Lampung)

RIZKY, FADJAR PAKAYA (2023) PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW DAN ONLINE CONSUMER RATING SEBAGAI PERTIMBANGAN DALAM BERTRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MARKETPLACE SHOPEE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Masyarakat Berprofesi di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIZKY FADJAR PAKAYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknlogi telah mempengaruhi proses jual beli yang biasanya dilakukan secara offline menjadi pembelian secara online. Dengan banyaknya e-commerce yang bermunculan di Indonesia dengan jumlah pengunjung yang cukup tinggi menunjukkan adanya minat terhadap belanja online. Biasanya konsumen terlebih dahulu melihat review produk dan rating toko tempat mereka akan berbelanja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah online consumer review dan online consumer rating berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian dan bagaimana pandangan islam mengenai hal itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online consumer review dan online consumer rating baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian dan bagaimana pandangan islam mengenai hal itu. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk google form dan dokumentasi yang berasal dari data BPS. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang dengan metode pengambilan sampel purposive sampling dan analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda yang menggunakan program SPSS Versi 26. Variabel bebas pada penelitian ini adalah online consumer review (X1) dan online consumer rating (X2) sedangkanvariabel terikatnya keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil uji t online consumer review dan online consumer rating masing-masing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Islam mengutamakan kejujuran dalam bertransaksi, online consumer review dan online consumer rating hendaklah diisi dengan jujur dan juga dapat dipercaya karena review dan rating biasanya dijadikan calon konsumen sebagai pertimbangan mereka untuk menentukan keputusan pembelian. Kata Kunci : Online Consumer Review, Online Consumer Rating Keputusan Pembelian ABSTRACT Technlogical development have affected the buying and selling process which is usually done offline to buying online. With so many e-commerce popping up in Indonesia with a fairly high number of visitors, it shows an interest in online shopping. Usually, consumers first look at product reviews and store ratings where they will shop. The formulation of the problem in this study is whether online consumer reviews and online consumer ratings have a partial or simultaneous effect on purchasing decisions and what is the Islamic view of it. This study aims to determine the effect of online consumer reviews and online consumer ratings both partially and simultaneously on purchasing decisions and how Islamic views are regarding it. This methode of research is a quantitative research. Data was collected using questionnaire in the form of google form and documentation derived from BPS data. The number of samples used was 100 people with purposive sampling method and research data using multiple linear regression analysis using the SPSS Version 26 program. The independent variables in this study were online consumer reviews (X1) and online consumer ratings (X2), while the independent variables bound purchase decision (Y). Based on the t-test results, online consumer reviews and online consumer ratings each partially have a positive and significant effect on purchasing decisions. Islam prioritizes honesty in transactions, online consumer reviews and online consumer ratings should be filled in honestly and can also be trusted because reviews and ratings are usually used as potential customers' considerations in determining purchasing decisions. Keywords : Online Consumer Review, Online Consumer Rating, Purchase Decision

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:03
Last Modified: 06 Apr 2023 08:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23901

Actions (login required)

View Item View Item