PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERBASIS MIND MAPPING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATERI ELASTISITAS

NOVIAN, HASNI DAMAYANTHI (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERBASIS MIND MAPPING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATERI ELASTISITAS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI NOVIAN HASNI DAMAYANTHI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar elektronik berbasis mind mapping dengan menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker, mengetahui kemampuan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan bahan ajar elektronik yang dikembangkan. Peneliti menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan dengan metode pengembangan Research and Development (R&D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan ialah Borg and Gall yang dikemukakan oleh Sugiyono. Hasil penelitian dan pengembangan berupa bahan ajar elektronik berbasis mind mapping dengan menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker pada materi elastisitas. Hasil penilaian ahli materi memperoleh rata-rata 99% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian ahli media memperoleh rata-rata 100% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian ahli bahasa memperoleh rata-rata 96% dengan kategori sangat layak. Hasil respon pendidik terhadap bahan ajar elektronik berbasis mind mapping dengan menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker pada materi elastisitas yang dikembangkan oleh peneliti memperoleh kategori sangat menarik dengan persentase 91%. Hasil respon peserta didik pada uji kelompok kecil memperoleh rata-rata 84%. Sedangkan pada uji lapangan memperoleh rata-rata 89% dengan kategori sangat menarik. Kata Kunci : Bahan Ajar Elektronik, Mind Mapping, Kvisoft Flipbook Maker iv ABSTRACT This study aims to describe the process of developing mind mapping-based electronic teaching materials using the kvisoft flipbook maker application, knowing students' conceptual understanding abilities after using the developed electronic teaching materials. Researchers used research and development procedures with the Research and Development (R&D) method of development. The research and development model used is Borg and Gall proposed by Sugiyono. The results of research and development in the form of mind mapping-based electronic teaching materials using the kvisoft flipbook maker application on elasticity materials. The results of the assessment of material experts obtained an average of 99% with a very decent category. The results of the media expert's assessment obtained an average of 100% with a very decent category. The results of the assessment of linguists obtained an average of 96% with a very decent category. The results of educators' responses to mind mapping-based electronic teaching materials using the kvisoft flipbook maker application on elasticity material developed by researchers obtained a very interesting category with a percentage of 91%. The results of student responses in the small group test obtained an average of 84%. While the field test obtained an average of 89% with a very interesting category. Keywords: Electronic Teaching Materials, Mind Mapping, Kvisoft Flipbook Maker

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:54
Last Modified: 05 Apr 2023 06:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23881

Actions (login required)

View Item View Item