PERAN PENGGUNAAN SEARCH ENGINE MARKETING DAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS BERDASARKAN PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada PT Sanjaya Farm Bandar Lampung)

ANISA, UTAMI (2023) PERAN PENGGUNAAN SEARCH ENGINE MARKETING DAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS BERDASARKAN PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada PT Sanjaya Farm Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Bismillah Anisa Utami 1951040240.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

BSTRAK Secara umum perkembangan teknologi informasi sangat berpengaruh terhadap penyebaran informasi, pengolahan, penyimpanan, pengumpulan serta penyajian informasi. Internet marketing yang baik akan menciptakan isu atau rumor yang beredar secara cepat bukan hanya di dunia maya tetapi juga di dunia nyata, dan membuat orang tersebut semakin penasaran ingin mecari tahu produk tersebut sehingga akan menimbulkan rasa ingin membeli atau menggunakan produk tersebut. Permasalahan nya adalah kurangnya strategi yang dilakukan oleh PT Sanjaya Farm dalam meningkatkan brand awareness dalam benak masyarakat dibuktikan dengan masih banyak masyarakat khususnya di Bandar Lampung yang belum mengetahui brand tersebut. PT Sanjaya Farm sebuah perusahaan penggemukan sapi dan perusahaan produksi pupuk organik dan sejenisnya yang berdomisili di Bandar Lampung yang menggunaan search engine marketing dan media sosial juga sebagai media promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tentang peran penggunaan search engine marketing dan media sosial sebagai media promosi dalam meningkatkan brand awareness berdasarkan perspektif bisnis islam pada PT Sanjaya Farm Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang lebih menekankan aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah. Jenis penelitian ini bersifat deskripsi kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer yaitu dari wawancara, observasi dan dokumentasi dilakukan dengan menganalisis informasi tentang search engine marketing dan media sosial sebagai media promosi yang diterapkan oleh PT Sanjaya Farm dalam meningkatkan brand awareness. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan vertifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran SEM dan media sosial di PT Sanjaya Farm dengan strategi yang dilakukan dan dikembangkan efektif dalam meningkatkan brand awareness dengan jangkauan yang lebih luas. Faktor pendukung dari penerapan SEM yaitu adanya support dari dinas yang memberikan layanan, ilmu yang dimiliki oleh pengelola, manajemen waktu untuk mengelola dan memantau. Faktor penghambat dari penggunaan SEM yaitu kurangnya sumber daya manusia. Sedangkan faktor pendukung dari penerapan SEM adalah motivasi diri ,fasilitas yang memadai. Faktor penghambat dari penggunaan media sosial adalah memaksimalkan penggunaan secara continue (berkelanjutan), ugrade ilmu, update selalu perkembangan dari media sosial itu sendiri. Sedangkan dalam penggunaan SEM dan media sosial, PT Sanjaya Farm sudah sesuai dengan ketentuan dan kebikan prinsip bisnis syariah. Kata kunci : search engine marketing, media sosial, promosi dan brand awareness. iv ABSTRACT In general, the development of information technology greatly influences the dissemination of information, processing, storage, collection and presentation of information. Good internet marketing will create issues or rumors that circulate quickly not only in cyberspace but also in the real world, and make people more curious to find out about the product so that it will create a feeling of wanting to buy or use the product. The problem is the lack of strategy carried out by PT Sanjaya Farm in increasing brand awareness in the minds of the people, as evidenced by the fact that many people, especially in Bandar Lampung, do not know about the brand. PT Sanjaya Farm is a cattle fattening company and an organic fertilizer production company domiciled in Bandar Lampung which uses search engine marketing and social media as well as promotional media. The purpose of this study was to find out and analyze the role of using search engine marketing and social media as promotional media in increasing brand awareness based on an Islamic business perspective at PT Sanjaya Farm Bandar Lampung. This study uses a qualitative research method that emphasizes the in-depth understanding of a problem. This type of research is a qualitative description. Sources of data obtained from primary data, namely from interviews, observation and documentation carried out by analyzing information about search engine marketing and social media as promotional media implemented by PT Sanjaya Farm in increasing brand awareness. Data analysis techniques use data reduction, data presentation and verification. The results of this study indicate that the role of SEM and social media at PT Sanjaya Farm with the strategies implemented and developed are effective in increasing brand awareness with a wider reach. Supporting factors for implementing SEM are support from the service provider, knowledge possessed by the manager, time management to manage and monitor. The inhibiting factor from using SEM is the lack of human resources. While the supporting factors of SEM implementation are self�motivation, adequate facilities. The inhibiting factor for the use of social media is to maximize continuous use, upgrade knowledge, always update the development of social media itself. Whereas in the use of SEM and social media, PT Sanjaya Farm is in accordance with the provisions and policies of sharia business principles. Keywords: search engine marketing, social media, promotion and brand awareness.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Mar 2023 02:59
Last Modified: 30 Mar 2023 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23812

Actions (login required)

View Item View Item