PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PjBL BERBANTU MEDIA YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA

SITI, FADILAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PjBL BERBANTU MEDIA YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2&dapus.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian model pembelajaran PjBL berbantu media youtube pada pokok bahasan Fluida Statis kelas XI yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL berbantu media youtube terhadap kemampuan berpikir kritis dan self confidence peserta didik pada pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah quasy eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian berjumlah 185 peserta didik kelas XI SMAN 16 Bandar Lampung. Sampel penelitian terdiri dari du akelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes essay yang berjumlah 5 butir soal dan angket self confidence. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PjBL berbantu media youtube terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Dengan data analisis yang diperoleh menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,008. Dan terdapat pengaruh yang signifikansi model pembelajaran PjBL berbantu media youtube terhadap self confidence peserta didik. Dengan data analisis yang diperoleh menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Dari data analisis tersebut, nilai signifikansi kemampuan berpikir kritis dan self confidence < 0,05 sehingga diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran PjBL berbantu media youtube pada pembelajaran fisika materi Fluida Statis berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan self confidence peserta didik. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Self Confidence, Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning), YouTube. iv ABSTRACT It has been researched about PjBL leraning model assisted YouTube in the main of Fluida Statis XI class. It purposes to PjBL learning model influence of assisted YouTube to critical thinking ability and self confident of student on learning physics. The kind of research that has been done is research about quasy experiment with the nonquivalent control group design. The population is about 185 students of XI class SMAN 16 Bandar Lampung. The example of research consist of XI IPA 1 as control class and XI IPA 2 as experiment class, these metods are chosen by cluster random sampling metods. The collecting data by 5 essay questions test and self confident questionnaire. Based on the data that has been collected, there is a significant influence of PjBL learning model assisted YouTube to the critical thinking ability of students. Based on the analysis data, it shown that the significance is 0,008. And there is a significant influence of PjBL learning model assisted YouTube to self confident of students. Based on the analysis data, it shown that the significance is 0,000. From the analysis data, the significance value of critical thinking ability and self confident < 0,05 so that is accepted. So, the PjBL learning model assisted YouTube in the main of Fluida Statis influences the critical thinking ability and self confident of the students. Keywords: Critical Thinking Ability, Self Confidence, PjBL (Project Based Learning) Learning Model, YouTube.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:52
Last Modified: 29 Mar 2023 06:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23809

Actions (login required)

View Item View Item