YOUTUBE WIRDA MANSUR SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BERSHOLAWAT ( ANALSIS ISI VIDEO “SHOLAWATIN AJA”)

INDAH, TAMARA (2023) YOUTUBE WIRDA MANSUR SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BERSHOLAWAT ( ANALSIS ISI VIDEO “SHOLAWATIN AJA”). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FILE BAB I, BAB II, DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI   INDAH TAMARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi adalah kegiatan bertukar pesan yang tidak lepas dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi mampu membawa proses penyampaian pesan dari individu ke individu lain, maupun dengan kelompok. Di zaman modern saat ini sumber informasi tidak hanya di dapat dari media massa namun saat ini media sosial lebih banyak diminati masyarakat karena mudah di akses dan sangat uptudate. Ada banyak cara menyampaikan komunikasi persuasif, salah satunya melalui media sosial seperti facebook, instagram, twitter, tiktok, dan youtube. Youtube merupakan aplikasi media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat semua kalangan tanpa batasan usia. Youtube saat ini menjadi salah satu sarana komunikasi untuk mendapatkan informasi, sehingga banyak sekali khalayak yang menggunakan youtube sebagai sarana komunikasi dalam mengembangkan bisnis, menyebarkan informasi, serta menerima informasi, seperti halnya channel youtube Wirda Mansyur yang menjadikan Youtube sebagai sarana komunikasi dalam menyampaiakan informasi atau pesan. Berdasarkan latar belakang masalah sebagaimana sudah dijelaskan,maka rumusan masalah penelitian ini adalah “ Bagaimana analisis isis youtube Wirda Mansyur pada video yang bejudul “Shalawatin Aja”. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis isi dalam meningkatkan minat bershalawat pada video youtube Wirda Mansyur Yang berjudul “Shalawatin Aja”. Penelitian ini merupakan penelitian analisis kualitatif deskriptif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (Library Reserch) yaitu dengan menggunakan buku, catetan maupun hasil laporan terdahulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunkan teknik dokumenter, data online, observasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis secara deskriptif dengan cara penyajian data, pengolahan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa : Vidio Youtube Wirda Mansyur yang berjudul “Sholawatin Aja” berhasil sebagai iii sarana komunikasi dalam penyebaran sebuah pesan, hal ini sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat di era modern saat ini, karena dianggap dapat memberikan semua kebutuhan yang dicari oleh khalayak, dilengkapi dengan jangkauan yang luas dan tidak ada batasan waktu, sehingga siapapun dapat mengakses Youtube. Di dalam vidio “Sholawatin Aja” Wirda Mansyur berhasil memberikan pemahaman pada khalayak atau suscriber perihal shalawat dilihat banyaknya komentar positif dari vidio youtube “Shalawatin Aja”. Terdapat minat terhadap Ilmu Pengetahuan dan Minat Egosentris. Minat terhadap Ilmu Pengetahuan ialah dimana suscriber menyerap informasi yang disampaikan komunikator dengan proses berfikir kemudian minat itu tumbuh pada diri komunikan secara fisik dan mental. Sedangkan Minat Egosentris ialah suatu keinginan pada diri komunikan akibat keberhasilan sesuatu minat yang dikerjakan, sehingga hasrat untuk melakukan minat itu menjadi sebuah kebiasaan dan terus dilakukan. Minat yang dimaksud pada pembahasan ini ialah minat Bershalawat. Kata kunci : Dakwah, Youtube, Suscriber iv ABSTRACT Communication is an activity of exchanging messages that cannot be separated from doing in everyday life. Communication is able to carry the process of delivering messages from individuals to other individuals, as well as with groups. In today's modern era, sources of information are not only obtained from the mass media, but nowadays social media is more in demand by the public because it is easy to access and very up-to-date. There are many ways to convey persuasive communication, one of which is through social media such as Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, and YouTube. Youtube is a social media application that is currently widely used by people of all walks of life without age restrictions. Youtube is currently a means of communication to get information, so many audiences use YouTube as a means of communication in developing a business, disseminating information, and receiving information, as is the case with Wirda Mansyur's youtube channel which uses Youtube as a means of communication in conveying information or messages. Based on the background of the problem as described, the formulation of the problem in this research is "How is the analysis of Wirda Mansyur's youtube content on the video entitled "Shalawatin Aja". And the purpose of this study was to find out content analysis in increasing interest in praying on Wirda Mansyur youtube video entitled "Shalawatin Aja". This research is a descriptive qualitative analysis research. This research is a type of library research (Library Research) by using books, notes and the results of previous reports. Data collection techniques in this study used documentary techniques, online data, and observation. The data obtained were then analyzed descriptively by means of data presentation, data processing and drawing conclusions. The results of this study can be seen that: Wirda Mansyur's Youtube video entitled "Sholawatin Aja" is successful as a means of communication in spreading a message, it is very beneficial for people's lives in today's modern era, because it is considered to be able v to provide all the needs sought by the public, equipped with a wide reach and no time limit, so anyone can access Youtube. In the video "Sholawatin Aja" Wirda Mansyur managed to provide an understanding to the audience or subscribers about prayer, seen the many positive comments from the YouTube video "Shalawatin Aja". There is an interest in Science and an Egocentric Interest. Interest in science is where the subscriber absorbs the information conveyed by the communicator with a thought process, then the interest grows in the communicant physically and mentally. Meanwhile, egocentric interest is a desire in the communicant due to the success of an interest that is carried out, so that the desire to carry out that interest becomes a habit and continues to be carried out. The interest referred to in this discussion is the interest in praying. Keywords: Da'wah, Youtube, Subscriber

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:42
Last Modified: 21 Mar 2023 06:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23723

Actions (login required)

View Item View Item