PENGARUH IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DAN CUSTOMER BONDING TERHADAP LOYALITAS NASABAH DALAM PERSFEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Radin Intan Bandar Lampung)

NINDIYA, LAYASINA (2023) PENGARUH IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DAN CUSTOMER BONDING TERHADAP LOYALITAS NASABAH DALAM PERSFEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Radin Intan Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_NINDIYA LAYASINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Fenoma Persaingan antara Lembaga Keuangan dan Bisnis selalu terjadi dari masa ke masa, PT. Pegadaian Cabang Syariah Radin Intan Membangun hubungan jangka Panjang (Customer Relationship Management) serta menerapkan Customer Bonding yakni mempertahankan kepercayaan Nasabah sehingga terciptanya Loyalitas. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah Implementasi CRM dan Customer Bonding berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah dan sesuaikah dengan Perspektif Etika Bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para Nasabah PT. Pegadaian Cabang Syariah Radin Intan Bandar Lampung. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan diperoleh 95 Sampel sebagai Responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Instrumen Penelitian, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linear Berganda, Uji Statistik T dan Uji Statistik F. Data diolah dengan menggunakan Software SPSS20 dan Microsoft Excel 2020. Hasil penelitian secara Simultan menunjukkan bahwa CRM dan Customer Bonding berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah PT. Pegadaian Cabang Syariah Radin Intan Bandar Lampung, dengan nilai Fhitung (140.171) > Ftabel (2.700) Selain itu perolehan nilai Koefisien Deteriminasi atau R Squere adalah sebesar 0.695 atau 69.5%. Secara Parsial masing-masing variabel Indipenden yakni CRM (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah (Y) dan Customer Bonding (X2) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah (Y) Pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Radin Intan Bandar Lampung. Penerapan CRM dan Customer Bonding juga telah sesuai dengan Prinsip Etika Bisnis Islam yaitu dengan menegakkan niai Kejujuran, Kepercayaan, Persaudaraan dan Keadilan terhadap semua Nasabah. Kata kunci: Customer Relationship Management, Customer Bonding, Loyalitas Nasabah, Etika Bisnis Islam, Pegadaian Syariah ABSTRACT The phenomenon of competition between financial institutions and businesses always occurs from time to time, PT. Pegadaian Syariah Branch Radin Intan Build long-term relationships (Customer Relationship Management) and implement Customer Bonding, namely maintaining customer trust so as to create Loyalty. The purpose of this study is to determine whether the implementation of CRM and Customer Bonding has an effect on Customer Loyalty and is in accordance with the Islamic Business Ethics Perspective. This study uses a quantitative approach. The population in this study were the customers of PT. Radin Intan Sharia Branch Pawnshop Bandar Lampung. Sampling was carried out using the Simple Random Sampling technique to obtain 95 samples as respondents. The data used in this study are primary data obtained from distributing questionnaires. The data analysis method in this study used Research Instrument Test, Classical Assumption Test, Multiple Linear Regression Test, T Statistical Test and F Statistics Test. The data was processed using SPSS20 Software and Microsoft Excel 2010. Simultaneous research results show that CRM and Customer Bonding have a positive and significant impact on Customer Loyalty of PT. Radin Intan Syariah Branch Pawnshop Bandar Lampung, with a value of Fcount (140,171) > Ftable (2,700). In addition, the value of the Determination Coefficient or R Squere is 0.695 or 69.5%. Partially, each independent variable, namely CRM (X1) has a positive and significant effect on Customer Loyalty (Y) and Customer Bonding (X2) also has a positive and significant effect on Customer Loyalty (Y) at PT. Radin Intan Sharia Branch Pawnshop Bandar Lampung. The implementation of CRM and Customer Bonding has also been in accordance with the Islamic Business Ethics Principles, namely by upholding the values of Honesty, Trust, Brotherhood and Justice towards all Customers. Keywords: Customer Relationship Management, Customer Bonding, Customer Loyalty, Islamic Business Ethics, Sharia Pawnshop

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Feb 2023 04:08
Last Modified: 27 Feb 2023 04:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23312

Actions (login required)

View Item View Item