HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN MINAT BACA SISWA DI SD N 20 TULANG BAWANG TENGAH

IKA, RIZKY ANANDA (2023) HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN MINAT BACA SISWA DI SD N 20 TULANG BAWANG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL IKA RIZKY ANANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perpustakaan sekolah di SD N 20 pengelolaannya belum maksimal sehingga hanya beberapa peserta didik yang tertarik untuk membaca buku di perpustakaan. Hasil prasurvei melalui wawancara ditemukan bahwa masih jarang peserta didik yang mengunjungi perpustakaan untuk membaca. Sebagian besar siswa tertarik dengan buku cerita dari pada buku pelajaran, Hanya sekitar 40% siswa mengunjungi dan membaca buku di perpustakaan, dan koleksi buku di perpustakaan belum menunjukkan adanya kelengkapan fasilitas perpustakaan yang memadai. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini mengukur seberapa besar minat peserta didik dalam membaca buku diperpustakaan. Penelitian ini dilakukan di SDN 20 Tulang Bawang Tengah pada tahun 2022. Untuk mendapatkan data terkait dengan minat membaca dan pemanfaatan perpustakaan, maka dilakukan pengumpulan data menggunakan angket atau kusioner. Angket diberikan pada peserta didik di SDN 20 Tulang Bawang Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di SD Negeri 20 Tulang Bawang Tengah, dengan mengambil sampel sebanyak 82 peserta didik. Sebelum angket diberikan kepada sampel penelitian, angket diuji validitasnya menggunakan validitas isi dengan menguji cobakan kepada sampel diluar sampel penelitian. Angket juga diuji keabsahannya atu reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data yang telah dikumpulkan melalui angket dilakukan penskoran. Hasil atau skor yang diperoleh ini kemudian dianalisis dengan menggunakan uji korelasi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian uji korelasi dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh nilai sig.(2 tailed) yaitu 0,00 yang berarti lebih kecil dari nilai 5% atau 0,05 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan. Kemudian nilai Pearson Correlation antara variabel bebas dan terikat adalah 0,878 sehingga dapat dinyatakan terdapat hubungan. Hal ini berarti bahwa hipotesis H0 ditolak dan terima Ha yang berarti ada hubungan yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan dengan minat membaca peserta didik di SD N 20 Tulang Bawang Tengah.. Kata Kunci: Pemanfaatan Perpustakaan, Minat Membaca ABSTRACT The management of the school library at SD N 20 is not optimal, so only a few students are interested in reading books in the library. The results of the pre-survey through interviews found that it was still rare for students to visit the library to read. Most students are interested in story books rather than textbooks. Only about 40% of students visit and read books in the library, and the collection of books in the library does not yet show adequate completeness of library facilities. This research method uses quantitative research. In this study, it measures how much interest students have in reading books in the library. This research was conducted at SDN 20 Tulang Bawang Tengah in 2022. To obtain data related to reading interest and use of the library, data was collected using a questionnaire or questionnaire. Questionnaires were given to students at SDN 20 Tulang Bawang Tengah. The population in this study were students at SD Negeri 20 Tulang Bawang Tengah, taking a sample of 82 students. Before the questionnaire was given to the research sample, the validity of the questionnaire was tested using content validity by testing it on samples outside the research sample. The questionnaire was also tested for its validity or reliability using the Alpha Cronbach formula. The data that has been collected through a questionnaire is scored. The results or scores obtained are then analyzed using a simple correlation test. Based on the results of the correlation test using the product moment correlation formula, the sig.(2 tailed) value is 0.00, which means it is smaller than the value of 5% or 0.05, which means there is a significant relationship. Then the Pearson Correlation value between the independent and dependent variables is 0.878 so that it can be stated that there is a relationship. This means that the hypothesis H0 is rejected and Ha is accepted, which means that there is a significant relationship between library utilization and students' reading interest at SD N 20 Tulang Bawang Tengah. Keywords: Library Utilization, Interest in Reading

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Feb 2023 04:32
Last Modified: 09 Feb 2023 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23076

Actions (login required)

View Item View Item