Sofa, Ricka Maya
(2017)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO
STAY TWO STRAY(TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA
PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V MIN 10
BANDAR LAMPUNG.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Pendidikan merupakan faktor utama yang perlu ditingkatkan kualitasnya.
Karena, maju mundurnya suatu bangsa ditentukan oleh kualitas pendidikan.
Berdasarkan kegiatan pra survey yang telah dilakukan di MIN 10 Bandar
Lampung pada pembelajaran Akidah Akhlak diketahui proses pembelajaran
sudah kerap menggunakan model Group Investigation(GI), namun proses
pembelajarannya kurang maksimal. Oleh karena itu perlu dikembangkan model
pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya adalah
model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Tujuan yang
akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V MIN 10 Bandar Lampung.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain yang
di gunakan yaitu nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan dikelas
V MIN 10 Bandar Lampung yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol yang
menerapkan model Group Investigation(GI) dan kelas eksperimen yang diberikan
perlakuan model Two Stay Two Stray (TSTS). Teknik pengumpulan data
menggunakan tes dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas,
homogenitas dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain yang diperoleh kelas
eksperimen sebesar 0,479 (interpretasi sedang) dan N-Gain yang di peroleh kelas
kontrol sebesar 0,260 (interpretasi rendah). Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan
data menggunakan uji-t diperoleh
Actions (login required)
 |
View Item |