MEDIA FOTONOVELA SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Nayana, Taras (2017) MEDIA FOTONOVELA SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (68MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui kelayakan media fotonovela sebagai suplemen pembelajaran fisika berbasis pendidikan karakter pada materi usaha dan energi; 2) mengetahui respon peserta didik terhadap media fotonovela berbasis pendidikan karakter pada materi usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Al huda Jatiagung, MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung dan SMP Negeri 1 Gisting dengan instrumen pengumpulan data berupa angket oleh ahli materi, ahli media, dan guru fisika SMP/MTs untuk menguji kualitas media fotonovela sebagai suplemen pembelajaran fisika berbasis pendidikan karakter pada materi usaha dan energi dan angket respon peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kualitas produk. Penelitian menghasilkan suatu produk berupa media fotonovela sebagai suplemen pembelajaran fisika berbasis pendidikan karakter pada materi usaha dan energi. Berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan persentase 85% dengan kategori sangat layak, penilaian ahli media mendapatkan persentase 90% dengan kategori sangat layak dan penilaian guru SMP/MTs mendapatkan persentase 84,16% dengan kategori sangat layak, sedangkan respon peserta didik di SMP Alhuda Jati Agung mendapatkan persentase 87,6% dengan kategori sangat layak, di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung mendapatkan persentase 94% dengan kategori sangat layak dan di SMP Negeri 1 Gisting mendapatkan persentase 93,6% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 17 Nov 2017 07:44
Last Modified: 17 Nov 2017 07:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2298

Actions (login required)

View Item View Item