PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PADA YOUTUBE CHANNEL GADGETIN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GADGET (Studi Pada Masyarakat Bandar Lampung)

Zahra, Dhaefina (2023) PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PADA YOUTUBE CHANNEL GADGETIN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GADGET (Studi Pada Masyarakat Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Zahra Dhaefina.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Konsumen di era digital cenderung lebih percaya pada review produk dibanding pesan merek yang disampaikan melalui iklan televisi, mereka mencari seseorang yang mampu berkata apa adanya sesuai dengan pengalaman pribadinya. Saat ini dalam memperoleh informasi smartphone sebagian besar orang menggunakan media sosial Youtube. Masyarakat Bandar Lampung berpendapat bahwa pengetahuan mengenai gadget sangat minim sehingga cenderung mencari informasi mengenai gadget yang akan dibeli pada Youtube Channel Gadgetin. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kualitas informasi dan pemenuhan kebutuhan informasi pada Youtube Channel Gadgetin berpengaruh terhadap keputusan pembelian gadget? Lalu, bagaimana urgensinya dalam perspektif bisnis Islam? Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas informasi dan pemenuhan kebutuhan informasi terhadap keputusan pembelian gadget masyarakat di Kota Bandat Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat Kota Bandar lampung yang pernah menonton Youtube Channel gedgetin. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang, dengan teknik purposive sampling yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner menggunakan skala likert 5 poin. Analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas informasi mampu meningkatkan keputusan pembelian gadget di kota Bandar Lampung. Selain itu, pemenuhan kebutuhan informasi juga dapat meningkatkan keputusan pembelian gadget di kota Bandar Lampung. Hal ini berarti dengan adanya kualitas informasi dan pemenuhan kebutuhan informasi yang baik akan menjadi dorongan untuk masyarakat meningkatkan keputusan pembelian. Kata Kunci: Kualitas Informasi, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Keputusan Pembelian iv ABSTRACT Consumers in the digital era tend to believe more in product reviews than brand messages conveyed through television advertisements, they are looking for someone who is able to say what it is according to their personal experience. Currently, in obtaining smartphone information, most people use the social media Youtube. The people of Bandar Lampung are of the opinion that knowledge about gadgets is very minimal so they tend to look for information about gadgets to be purchased on the Gadgetin Youtube Channel. The formulation of the problem in this study is whether the quality of information and fulfillment of information needs on the Gadgetin Youtube Channel affect the decision to buy a gadget? Then, what is the urgency in the perspective of Islamic business? This study aims to examine the influence of information quality and fulfillment of information needs on people's gadget purchasing decisions in Bandat Lampung City. This study uses a descriptive quantitative approach. The population in this study is the people of Bandar Lampung who have watched the Gedgetin Youtube Channel. The sample in this study amounted to 100 people, with a purposive sampling technique which was collected using a questionnaire using a 5-point Likert scale. Data analysis uses the Partial Least Square (PLS) approach. The results of the study show that the quality of information can improve gadget purchasing decisions in the city of Bandar Lampung. In addition, meeting information needs can also increase gadget purchasing decisions in the city of Bandar Lampung. This means that the existence of quality information and fulfillment of good information needs will be an impetus for people to increase purchasing decisions. Keywords: Information Quality,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:11
Last Modified: 31 Jan 2023 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22943

Actions (login required)

View Item View Item