PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE (RADEC) BERBANTUAN MEDIA HANDOUT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU PESERTA DIDIK

YULIA, ALIMATUS SAKDIAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE (RADEC) BERBANTUAN MEDIA HANDOUT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI YULIA ALIMATUS SAKDIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas VIII SMTs Nurul Hidayah Semaka masih rendah, hal ini menunjukan perlu adanya kebaruan cara menyampaiakn materi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui secara aktif tentang model pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-Create (RADEC) berbantuan media Handout dapat mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep peserta didik dibandingkan dengan model konvensional, ada atau tidak adanya perbedaan rasa ingin tahu peserta didik tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep, dan ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran RADEC berbantuan media Handout dan rasa ingin tahu peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Nurul Hidayah Semaka, dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B sebagai kelas kontrol, dan VIII C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan uji analisis varians dua arah (Two Way Analysis of Variance) dengan taraf signifikasi ≤ 0,05. Uji prasyarat yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran RADEC berbantuan media Handout terhadap kemampuan pemahaman konsep, 2) Terdapat perbedaan kategori rasa ingin tahu rendah, sedang, dan tinggi terhadap kemampuan pemahaman konsep 3) Tidak terdapat interaksi antara faktor model dengan rasa ingin tahu terhadap kemampuan pemahaman konsep. . Kata kunci: Read-Answer-Discuss-Explain-Cretae (RADEC), Pemahaman Konsep Matematis, Rasa Ingin Tahu Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:14
Last Modified: 25 Jan 2023 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22866

Actions (login required)

View Item View Item