POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN KULINER HALAL DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA BANDAR LAMPUNG (STUDI PADA SENTRA KULINER KERIPIK PISANG SEGALA MIDER DI KOTA BANDAR LAMPUNG)

Ade, Eko Setiawan (2023) POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN KULINER HALAL DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA BANDAR LAMPUNG (STUDI PADA SENTRA KULINER KERIPIK PISANG SEGALA MIDER DI KOTA BANDAR LAMPUNG). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Ade Eko Setiawan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kota Bandar Lampung memiliki potensi wisata unggulan seperti adanya museum yang terletak di tengah kota, sentra kerajinan tapis dan sentra penjualan kuliner keripik pisang. Disamping potensi daerah objek wisata yang dimiliki oleh Kota Bandar Lampung, wisata kuliner bisa menjadi alternatif dalam mengembangan industri pariwisata. Peneliti mengambil objek penelitian di sentra industri keripik pisang Kota Bandar Lampung. Hal ini mengingat bahwa, Kota Bandar Lampung sebagai Ibu Kota provinsi Lampung yang memiliki potensi wisata kuliner keripik pisang yang cukup banyak dengan prospek ke depan sangat menjanjikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dan strategi pengembangan kuliner halal dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kota Bandar Lampung. Adapun penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) maksudnya adalah penelitian yang dilakukan dengan mengambil data dan informasi dari lapangan, yaitu dari dinas pariwisata kota Bandar Lampung dan pelaku wisata halal kuliner keripik pisang Segala Mider Kota Bandar lampung. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Populasi sebanyak 32 orang atau masing-masing terdiri dari 4-5 orang per kelompok sedangkan Sampel diambil sebanyak 9 kelompok usaha bersama (KUB) Telo Rezeki dengan menggunakan metode non random sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Dilihat dari potensi yang dimiliki destinasi wisata kuliner keripik pisang KUB Telo Rezeki Segala Mider Kota Bandar Lampung telah memenuhi standar konsep pengembangan wisata halal. 2) Keberadaan pariwisata syariah dapat menyokong pertumbuhan ekonomi dengan menghidupkan industri kreatif masyarakat. 3) . Strategi pemasaran yang diterapkan oleh Toko keripik Pisang KUB Telo Rezeki dalam bersaing yaitu dengan menggunakan strategi marketing mix 4P yaitu strategi produk, strategi harga, strategi tempat, dan strategi promosi, dan telah sesuai dengan konsep pemasaran syariah. Kata Kunci: Kuliner Halal, Pertumbuhan Ekonomi, Potensi dan Strategi ABSTRAK The city of Bandar Lampung has superior tourism potential such as a museum located in the city center, a tapis craft center and a culinary sales center for banana chips. Besides the potential of regional tourist objects owned by the City of Bandar Lampung, culinary tourism can be an alternative in developing the tourism industry. The researcher took the research object at the banana chips industry center in Bandar Lampung City. This is considering that the city of Bandar Lampung as the capital city of Lampung province has quite a lot of banana chip culinary tourism potential with very promising future prospects. This study aims to determine the potential and strategy for developing halal culinary in increasing economic growth in the city of Bandar Lampung. The research used was field research, meaning that research was carried out by collecting data and information from the field, namely from the Bandar Lampung city tourism service and the halal culinary tour operators of Banana Chips Mider, Bandar Lampung City. The data sources used are primary and secondary data. The population is 32 people or each consists of 4-5 people per group while the samples are taken as many as 9 Telo Rezeki joint venture groups (KUB) using a non-random sampling method. Research results show that : 1) Judging from the potential of the banana chips culinary tourism destination, KUB Telo Rezeki All Mider, Bandar Lampung City has met the standard concept of developing halal tourism. 2) The existence of sharia tourism can support economic growth by reviving the community's creative industries. 3). The marketing strategy implemented by the KUB Telo Rezeki Banana Chips Shop in competing is by using the 4P marketing mix strategy, namely product strategy, price strategy, place strategy, and promotion strategy, and is in accordance with the sharia marketing concept. Keywords : Economic Growth, Halal Culinary, Potential and Strategy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2023 06:37
Last Modified: 20 Jan 2023 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22810

Actions (login required)

View Item View Item