Agustin, Nicen
(2017)
STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
JIGSAW DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING
TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS VI
DI MIN 10 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di MIN 10 Bandar Lampung,
diketahui bahwa pelaksanaan proses pembelajaran IPS secara umum masih berpusat
kepada guru (teacher centered) siswa kurang dilibatkan dalam akivitas pembelajaran
di kelas. Selain itu proses pembelajran juga masih didominasi oleh model
konvesional, guru masih jarang menggunakan variasi model pembelajaran. Oleh
karena itu, perlu dikembangkan model pembelajaran untuk mengiringi metode
pembelajaran yang melibatkan peserta didik, agar lebih aktif dalam proses
pembelajaran IPS.
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada perbandingan model
Jigsaw dan Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar mata pelajaran
IPS kelas VI di MIN 10 Bandar Lampung ?. Oleh karena itu, tujuan yang ingin
dicapai peneliti dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara
model pembelajaran Jigsaw dan Student Facilitator and Explaining terhadap hasil
belajar IPS pada materi perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia peserta
didik kelas VI semester ganjil di MIN 10 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi
eksperimen design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI MIN 10 Bandar Lampung
yang terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen1 (VIA) eksperimen2 (VIB). Model
pembelajaran Jigsaw dilaksanakan di kelas VI A dan model pembelajaran Student
Facilitator and Explaining di kelas VI B. Teknik pengumpulan data ialah dengan test
objektif, wawancara dan dokumentasi. Setelah data test objektif dikumpulkan
kemudian pengelolahannya dilakukan dengan analisis statistik dengan menggunakan
uji gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa adanya
perbandingan antara model pembelajaran Jigsaw dan Student Facilitator and
Explaining terhadap peningkatan hasil belajar IPS pada materi perkembangan sistem
administrasi Indonesia pada peserta didik kelas VI semester ganjil di MIN 10 Bandar
Lampung. Pada kelas eksperimen I hasil belajar peserta didik dengan rata-rata 85,5,
sedangkan pada kelas eksperimen II dengan rata-rata 82,8
Actions (login required)
 |
View Item |