Triyana, Arlinda
(2017)
HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR
BAHASA ARAB PERSERTA DIDIK KELAS V
DI MIN 7 BANDAR LAMPUNG.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Aspek yang sangat penting dalam mempengaruhi keberhasilan sebuah proses
belajar adalah minat belajar. Minat sendiri juga merupakan salah satu faktor yang
meningkatkan hasil belajar, selama ini kegiatan belajar mengajar mata pelajaran
bahasa arab di MIN 7 Bandar Lampung berlangsung dengan baik, akan tetapi tidak
semua siswa menaruh minat yang tinggi pada mata pelajaran tersebut. Tinggi
rendahnya minat belajar siswa akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang diraih.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar
siswa dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab MIN 7 Bandar
Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas V yang berjumlah 33
orang siswa.Teknik pengumpulan data melalui angket minat belajar bahasa arab dan
tes soal siswa pada mata pelajaran bahsa arab. Tes ini digunakan untuk mengukur
hasil belajar bahasa arab, angket digunakan untuk mengukur minat belajar. Teknik
analisis data menggunakan teknik analisis regresi dan korelasi sederhana.
Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi diketahui bahwa
Actions (login required)
 |
View Item |