PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SOCIO SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 1TULANG BAWANG TENGAH

Novelia, Nur Dianah (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SOCIO SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 1TULANG BAWANG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUNAQOSAH NOVELIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada pembelajaran fisika dengan menggunakan strategi pembelajaran socio scientific issues. Penelitian ini dilakukan di sekolah yaitu SMKN 1 Tulang Bawang Tengah pada materi radiasi elektromagnetik di kelas X yang terdapat di provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperimen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data tes berupa pretest dan posttest, tes yang digunakan berupa tes uraian (essay) untuk mendapatkan data kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik pada materi pembelajaran fisika yang berkaitan dengan isu-isu sosial yang marak terjadi di masyarakat. Sedangkan pengumpulan data non tes berupa lembar observasi yang di dapatkan dari aktivitas belajar peserta didik. Data diambil dengan sampel menggunakan uji statistik meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan uji t. Sebelum dilakukan uji t data diuji dulu menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Socio scientific issues kelas eksperimen diperoleh nilai posttest rata-rata 69 % dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 65 %. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi pembelajaran socio scientific issues terhadap kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik. Analisis data menunjukkan nilai sig sebesar 0,001 < 0,05 sehingga H1 diterima. Sehingga dapat ditarik disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Socio scientific issues terhadap kemampuan argumentasi ilmiah melalui nilai posttes, sehingga saat disajikan suatu masalah atau isu-isu sosial lebih bijaksana dalam pengambilan keputusan yang baik. Kata Kunci: Socio Scientific Issues, Argumentasi Ilmiah, Radiasi Elektromagnetik , Pembelajaran Fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:00
Last Modified: 19 Jan 2023 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22777

Actions (login required)

View Item View Item