Khasanah, Uswatun
(2017)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV
MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU MUHAMMADIYAH
BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Salah satu faktor rendahnya hasil belajar matematika adalah kurang tertariknya
peserta didik terhadap pembelajaran matematika. Pada pembelajaran matematika
peserta didik kurang merespon terhadap penyampaikan materi pembelajaran.
Sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman matematika peserta didik, yang
mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika, untuk mengatasi hal tersebut
peneliti memilih model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match agar siswa
terlibat langsung dalam pembelajaran.
Peneliti menggunakan metode penelitian quasi eksperimental design,
penelitian ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak berfungsi sepenuhyna untuk
mengontrol variabel-veriabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif
tipe Make A Match terhadap hasil belajar Matematika pada siswa di MIT
Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian quasi eksperimental design. Data yang digunakan penelitian ini adalah data
kuantitatif. Objek yang diamati adalah siswa kelas IV Zaid bin Stabit dan Thoriq bin
Ziad MIT Muhammadiah Sukarame Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018,
dengan melibatkan 50 siswa. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah
dokumentasi dan tes akhir.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perhitungan uji t dengan taraf signifikan
5%, diperoleh thitung = 2,152 dan t(0,025;48) = 1,960, sehingga thitung > t(0,025;48), berakibat
HO ditolak, dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar matematika
kelas IV MIT Muhammadiah Bandar Lampung.
Actions (login required)
 |
View Item |