PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA

Siti, Hauro (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI HAURO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA Oleh Siti Hauro Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap Kemampuan Berpiikir Kreatif Peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen (quasy experimental research) dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Merbau Mataram, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes, berupa soal essay untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didik serta lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t (t�test). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pada variable kemamuan berpikir kreatif thitung > ttabel sebesar 4,512 > 2,004 dengan taraf signifikan 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap Kemampuan Berpiikir Kreatif Peserta didik. Kata kunci : Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:36
Last Modified: 12 Jan 2023 02:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22638

Actions (login required)

View Item View Item