PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN HARGA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Di Refill Parfume Bdl)

Muhammad, Zidane (2023) PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN HARGA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Di Refill Parfume Bdl). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD ZIDANE.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap perubahan kehidupan masyarakat dunia termasuk Indonesia, , terutama bagi pelaku UMKM yang mengalami penurunan penurunan produktivitas yang berakibat pada penurunan profit secara signifikan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat cepat telah merambah ke segala aspek termasuk ekonomi yakni digital marketing, salah satu bentuk alat digital marketing yang dapat dimanfaatkan ialah social media sebagai media pemasaran di masa pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil wawancara kepada pemilik UMKM Refill parfume Bdl, peneliti menemukan fakta bahwa Refill parfume Bdl memasarkan produk usahanya menggunakan Strategi pemasaran yang berkembang saat ini yaitu promosi melalui platform digital ataupun sosial media. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah Digital Marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Refill Parfuem Bdl, dan juga apakah harga dapat memediasi Digital Marketing agar dapat lebih berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen Refill Parfume Bdl. Penelitian ini dilakukan pada konsumen Refill Parfume Bdl. Sampel penelitian ini berjumlah 96 responden dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu Accidental Sampling. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Metode analisis data menggunakan PLS-SEM dengan software Smart PLS.3 untuk pengolahan data. Hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa Digital Marketing mempunyai pengaruh positif dengan konstruk keputusan pembelian hal ini dibuktikan dengan nilai t-statistik pada hubungan konstruk ini adalah 10,494 dengan 1.96 pada significance level 5% dimana kriteria yang berarti bahwa nilai t-statistik >1.96 dan nilai P-Values 0.000 <0,05 sehingga dinyatakan Digital Marketing dengan keputusan pembelian signifikan. Harga dapat memediasi Digital Marketing agar lebih mempunyai pengaruh positif dengan konstruk keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan nilai t-statistik pada hubungan konstruk ini adalah 2,840 pada significance level 5% dimana kriteria yang berarti bahwa nilai t-statistik >1.96 dan nilai P- Values 0.005 <0,05 sehingga dinyatakan harga dapat memdiasi Digital Marketing agar lebih mempunyai pengaruh positif dengan keputusan pembelian. Dalam penelitian ini juga memperlihatkan bahwa Digital Marketing, harga dan Keputusa pembelian dari Refill Parfume Bdl sudah menggunakan prinsip syariah. Kata Kunci : Digital Marketing, Harga, Keputusan Pembelian ABSTRACT The Covid-19 pandemic has had a significant impact on changes in the lives of the world's people including Indonesia, especially for MSME players who have experienced a decline in productivity which has resulted in a significant decrease in profits. The rapid development of information and communication technology has penetrated all aspects including the economy, namely digital marketing. One form of digital marketing tool that can be utilized is social media as a marketing medium during the Covid-19 pandemic. Based on the results of interviews with Bdl Refill parfume MSME owners, researchers found the fact that Bdl Perfume Refill markets its business products using a currently developing marketing strategy, namely promotion through digital platforms or social media. This study was conducted to determine whether Digital Marketing has an effect on consumer purchasing decisions for Refill Perfuem Bdl, and also whether price can mediate Digital Marketing so that it can have a more positive effect on consumer purchasing decisions for Refill Parfume Bdl. This research was conducted on consumers of Refill Parfume Bdl. The sample of this study amounted to 96 respondents using probability sampling technique, namely Accidental Sampling. Collecting data through the distribution of questionnaires. The data analysis method uses PLS-SEM with Smart PLS.3 software for data processing. The results of this study can be seen that Digital Marketing has a positive influence on the purchase decision construct. This is evidenced by the t-statistic value in the relationship of this construct which is 10.494 with 1.96 at the 5% significance level where the criteria means that the t-statistic value is > 1.96 and the P value -Values 0.000 <0.05 so it is declared Digital Marketing with a significant purchase decision. Price can mediate Digital Marketing so that it has a more positive influence on the purchase decision construct, this is evidenced by the t-statistic value on this construct relationship which is 2.840 at the 5% significance level where the criteria mean that the t-statistic value is > 1.96 and the P-Values 0.005 <0.05 so that stated price can mediate Digital Marketing so that it has a more positive influence on purchasing decisions. This research also shows that digital marketing, price and purchasing decisions from Refill Perfume BDL already use sharia principles. Keywords: Digital Marketing, Price, Purchase Decision

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2023 06:34
Last Modified: 10 Jan 2023 06:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22608

Actions (login required)

View Item View Item