HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN MINAT MEMBACA BUKU PADA SISWA

Irmayanti, Irmayanti (2023) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN MINAT MEMBACA BUKU PADA SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  Irmayanti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Antara Dukungan Orang tua dan Motivasi Berprestasi dengan Minat Membaca Buku pada Siswa Oleh: Irmayanti Minat membaca buku merupakan kecenderungan yang terdapat pada diri individu untuk melakukan kegiatan membaca buku. Kesadaran terhadap pentingnya membaca buku lebih baik ditanamkan sejak masa sekolah. Pengetahuan tentang pentingnya membaca buku dapat diajarkan oleh orang tua dengan memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan membaca buku pada anak. Terlebih pada masa remaja, dimana anak menempati usia peralihan dari anak-anak menuju usia dewasa, maka dibutuhkan bimbingan dari orang tua. Pada penelitian ini, faktor-faktor yang diduga dapat mempengaruhi minat membaca buku pada siswa yakni dukungan orang tua dan motivasi berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan orang tua dan motivasi berprestasi dengan minat membaca buku pada siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Permata Bunda yang berjumlah 179 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yakni Proportionate Stratified Random Sampling. Sehingga didapat sampel sebanyak 64 orang. Terdapat tiga skala yang digunakan pada penelitian ini, yakni skala minat membaca buku (α = 0,936), skala dukungan orang tua (α = 0,936) dan skala motivasi berprestasi (α = 0,886). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi berganda dengan bantuan SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan R = 0,685 dan nilai F = 26,908 dengan signifikan p < 0,01, hal ini menujukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan orang tua dan motivasi berprestasi dengan minat membaca buku pada siswa. Kemudian sumbangan efektif yang diberikan sebesar 46,9% dan 53,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Sumbangan efektif dari dukungan orang tua terhadap minat membaca buku pada siswa sebesar 38,3%, sedangkan sumbangan efektif dari motivasi berprestasi dengan minat membaca buku pada siswa sebanyak 8,6%. Kata Kunci : Minat Membaca Buku, Dukungan Orang Tua, Motivasi Berprestasi ABSTRACT The Relationship between Parental Support and Achievement Motivation with Interest in Reading Books In Students By: Irmayanti Interest in reading books is a tendency that exists in indivoduals to carry out book reading activities. Awarness of the importance of reading books is better instilled since school. Knowledge about the importance of reading books can be taught by parents by providing full support for children’s reading activities. Especially during adolescense, where children occupy a transitional age from chlidren to adulthood, guidance from parents is needed. In this study, the factors that are thought to influance students’ interest in reading books are parental support and achievement motivation. This study aims to determine the relationship between parental support and achievement with interest in reading books in students. The population in this study were Sekolah Menengah Atas Islam terpadu Permata Bunda students, totaling 179 students. The technique used for sampling is Proportionate stratified random sampling. So that a sample of 64 people is obtained. There are three scales used in this study, namly the interest in reading books (α = 0,936), the parental support scale (α = 0,936) and achievement motivation scale (α = 0,886). The data analysis technique used is multiple regression technique with the help of SPSS 21,0 for windows. The results showed R = 0,685 and F = 26,908 with a significant p < 0,01, this indicates that there is a positive and significant relationship between parental support and achevement motivation with interest in reading boos in students.then the effective contribution given is 46,9% and the other 53,1% is influenced by other factors outside of this study. The effective contribution of parental support to students’ interest in reading books is 38.3%, while the effective contribution of achievement motivation with interest in reading books to students is 8.6%. Keywords: Parental Support, Achievement Motivation, Interest in Reading Books

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:31
Last Modified: 06 Jan 2023 07:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22566

Actions (login required)

View Item View Item