PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA BISNIS DENGAN HALAL SUPPLY CHAIN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Provinsi Lampung )

SITI, MAISAROH (2023) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA BISNIS DENGAN HALAL SUPPLY CHAIN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Provinsi Lampung ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Tesis Siti Maisaroh.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini, perhatian terhadap kinerja UMKM sangatlah tinggi dikarenakan dapat membantu menghilangkan blokade dan menghasilkan prospek yang luas bagi UMKM untuk berkembang juga untuk bersaing kuat di pasar regional maupun global. Oleh karena itu, pelaku usaha bertanggungjawab untuk mengelola UMKM dan mencoba untuk mendapatkan UMKM yang lebih baik dari kinerja yang dihasilkan dengan menerapkan Orientasi Pasar dan Inovasi Produk. Halal Supply Chain adalah informasi yang mengalir dalam setiap rantai pasok harus sesuai dengan prinsip-prinsip hukum syariah. Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk muslim, sehingga kesadaran akan pentingnya menerapkan syariat Islam dalam menjalani aktifitas ekonomi menyadarkan mereka untuk menanamkan konsep halal dalam interaksi ekonomi sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut, rumusan dalam penelitian ini adalah: Apakah Orientasi Pasar berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja bisnis UMKM di Provinsi Lampung dengan Halal Supply Chain sebagai Variabel Moderasi?, Apakah Inovasi Produk berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Bisnis UMKM di Provinsi Lampung dengan Halal Supply Chain sebagai variabel moderasi?. Tujuan pada penelitian ini yaitu Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Orientasi Pasar terhadap Kinerja Bisnis UMKM di Provinsi Lampung dengan Halal Supply Chain sebagai variabel moderasi dan Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Inovasi Produk terhadap Kinerja Bisnis UMKM di Provinsi Lampung dengan Halal Supply Chain sebagai variabel moderasi Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari hasil jawaban angket yang peneliti distribusikan pada pelaku UMKM di Provinsi Lampung. Sampel yang digunakan memakai Teknik Probability sampling dengan hasil sampel yang digunakan 100 pelaku UMKM di Provinsi Lampung. Hasil Penelitian ini adalah bahwa Orientasi pasar dan Inovasi Produk berpengaruh yang signifikan terhadap kinerja bisnis UMKM di Provinsi Lampung dengan Halal Supply Chain sebagai variabel Moderasi. Besarnya pengaruh Orientasi Pasar terhadap kinerja bisnis UMKM dengan Halal Supply Chain sebagai variabel moderasi sebesar 85,8%, selebihnya di pengaruhi oleh variabel lainnya. Besarnya pengaruh Inovasi Produk terhadap kinerja bisnis UMKM dengan Halal Supply Chain sebagai variabel moderasi sebesar 85,6%, selebihnya di pengaruhi oleh variabel lainnya. Hal tersebut memaknai bahwa semakin baik dalam Orientasi Pasar dan Inovasi Produk yang dimiliki oleh UMKM maka semakin baik juga kinerja yang ada pada UMKM. Kata Kunci : Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Kinerja Bisnis UMKM, Halal Supply Chain

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:03
Last Modified: 05 Jan 2023 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22536

Actions (login required)

View Item View Item